PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID– Para petugas pelayanan publik di Kalimantan Tengah (Kalteng), mesti terus memberikan layanan terbaik dan menuntun masyarakat untuk memahami hak serta kewajiban mereka sebagai warga negara.
“Dengan begitu, baik yang melayani maupun yang dilayani, sungguh saling memahami dan taat pada aturan dalam pelayanan publik,” kata Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Kalteng Agustin Teras Narang, usai meninjau pelayanan publik di Kota Palangka Raya, Jumat (1/8).
Teras merasa gembira pada kesempatan tersebut boleh meninjau langsung pelayanan publik di Puskesmas Menteng dan SAMSAT Kota Palangka Raya. Terlebih boleh menyempatkan diri bercengkerama dengan masyarakat pengguna layanan publik.
”Saya melihat program baik dari Pemerintah Provinsi Kalteng dalam menyambut momen kemerdekaan, berupa pembebasan pokok dan denda pajak kendaraan bermotor. Saya harap program yang berakhir pada September mendatang ini sungguh bisa dimanfaatkan serta mengurangi beban masyarakat pengguna kendaraan bermotor,” katanya.
Lebih jauh mantan Gubernur Kalteng dua periode ini berharap, pelayanan publik di seluruh Puskesmas dan SAMSAT Kota Palangka Raya serta pada unit pemerintahan lainnya, bisa berkembang lebih baik dari waktu ke waktu.
Menurutnya, selain perlu peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam upaya peningkatan layanan publik, juga perlu pengembangan berkelanjutan atas fasilitas layanan seperti misalnya dengan menambah fasilitas layanan ramah anak di SAMSAT Kota Palangka Raya.
“Lebih jauh diharapkan ada integrasi layanan lewat digitalisasi yang selain mengurangi antrean juga dapat membuat pelayanan kian efektif dan efisien,” tambahnya.
Teras juga mengemukakan, untuk pengembangan layanan publik khususnya lewat digitalisasi ini, diharapkan seluruh perwakilan pemerintah daerah berkolaborasi dan membentuk satuan kerja yang bertugas melakukan integrasi serta akselerasi layanan secara digital.
Agar kita bisa memetakan bagian mana saja dari rantai birokrasi pelayanan yang bisa dipotong serta digantikan dengan layanan digital, serta mana layanan yang masyarakat wajib hadir mengakses sendiri. Ini kerja besar yang kalau dapat digarap, akan berdampak banyak pada kemajuan pembangunan daerah kita. Mari terus berbenah untuk kemajuan layanan publik di Kalteng, ajak Teras Narang. ist