SOSIALIDASI-BPJS Ketenagakerjaan Sampit Sosialisasikan Aplikasi JMO kepada Karyawan PT. Salonok Ladang Mas, Senin, 03/11/2025. FOTO ISTIMEWA
SAMPIT/TABENGAN.CO.I-BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sampit menggelar kegiatan sosialisasi Jamsostek Mobile (JMO) kepada para karyawan PT. Salonok Ladang Mas, pada Senin 03/11/2025.
Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan fitur dan manfaat penggunaan aplikasi JMO yang dirancang mempermudah peserta dalam mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan secara digital.
Dalam kegiatan ini, peserta tidak hanya diberikan pemahaman mengenai fungsi aplikasi JMO, tetapi juga mendapatkan asistensi langsung, termasuk bantuan teknis (baby sitting) dalam pengoperasiannya.
Dwi Ari Wibowo, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sampit, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan pemahaman serta partisipasi peserta dalam menggunakan layanan digital.
“Sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan engagement dan kepuasan peserta terhadap layanan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Ari.
Ia menambahkan, melalui sosialisasi ini diharapkan jumlah pengguna aktif aplikasi JMO meningkat di kalangan pekerja, khususnya di lingkungan PT. Salonok Ladang Mas.
Selama kegiatan berlangsung, seluruh tenaga kerja yang hadir berhasil mengakses aplikasi JMO hingga tahap pengecekan saldo Jaminan Hari Tua (JHT).
Hal ini menjadi indikator positif bahwa peserta mulai memahami pentingnya layanan digital untuk efisiensi dan transparansi informasi.
Ari juga menekankan bahwa aplikasi JMO memberikan berbagai kemudahan seperti akses status kepesertaan, rincian iuran, informasi saldo JHT, hingga pengajuan klaim JHT dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) secara online tanpa harus datang ke kantor.
“Peserta juga dapat menyampaikan keluhan atau pengaduan melalui aplikasi. Di dalamnya juga tersedia informasi edukatif seputar hak dan kewajiban sebagai peserta,” tambahnya.
Dengan terlaksananya kegiatan ini, BPJS Ketenagakerjaan berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan digitalnya dan membangun hubungan yang lebih baik dengan peserta melalui pemanfaatan teknologi.ist





