Aplikasi Siskopatuh PT Alkamila Kembali Normal 

Aplikasi Siskopatuh PT Alkamila Kembali Normal 
PT Alkamila Kembali memberangkatkan jemaah umrah setelah Kemenag membuka pemblokiran Aplikasi Siskopatuh PT Alkamila 

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID – Kementerian Agama Republik Indonesia telah membuka pemblokiran Aplikasi Siskopatuh (Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus) milik PT Alkamila, dimana sebelumnya sempat terblokir buntut adanya masalah perihal pemberangkatan jamaah haji khusus pada tahun 2025 lalu.

Dengan terbukanya kembali Aplikasi Siskopatuh PT Alkamila, akhirnya PT Alkamila Kembali beroperasi sebagai travel perjalanan yang memiliki ijin penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) .

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kobar, Muhammad Sanusi, membenarkan blokir tersebut tersebut telah dibuka, dan kini PT. Alkamila kini sudah bisa kembali melaksanakan aktivitas penyelenggaraan perjalanan ibadah.

“Dengan dibukanya kembali Aplikasi Siskopatuh milik PT. Alkamila, maka PT Alkamila Kembali melakukan aktivitasnya sebagai biro perjalanan ibadah haji dan ibadah umrah,” kata Sanusi melalui pesan singkat.

Sanusi menyampaikan juga bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi resmi mengenai bentuk sanksi yang diberikan dan detail pemblokiran sebelumnya, karena perihal  kewenangan pemblokiran maupun pencabutan blokir berada di tangan Kemenag pusat serta Kanwil provinsi.

“Yang jelas saat ini sudah dibuka blokirnya dan sudah bisa menjalankan aktivitas. Secara tertulis memang tidak ada ke kami, tetapi bisa dicek di Siskopatuh untuk PPIU dan PIHK,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur PT. Allkamila, H. Mukid Faturrahman, menyampaikan bahwa pihaknya telah menuntaskan segala kewajiban terkait permasalahan pemberangkatan haji yang sempat terjadi. Ia menyebut hal itu dibuktikan dengan kembali normalnya izin operasional dari Kemenag.

“Alhamdulillah blokir sudah dibuka, ini menjadi bukti kami sudah menyelesaikan tanggung jawab kami,” ungkap Mukid.

Mukid juga mengabarkan bahwa pada Agustus 2025 ini, PT. Alkamila sudah memberangkatkan sebanyak 156 jamaah umrah. Para jamaah tersebut diberangkatkan melalui dua jenis layanan, yakni paket umrah standar dan paket umrah promo. Keberangkatan ini sekaligus menjadi awal baru bagi perusahaan dalam memberikan pelayanan yang lebih maksimal.

“Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada para calon jamaah dan memastikan seluruh kegiatan sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah, kami  berharap masyarakat kembali menaruh kepercayaan kepada PT. Alkamila untuk menyelenggarakan perjalanan ibadah dengan aman, nyaman, dan sesuai aturan,” Ujar Mukid .(Yulia)