Warga Tuyun Gotong Royong Perbaiki Jembatan Desa

KUALA KURUN/tabengan.com- Warga Desa Tuyun, Kecamatan Mihing Raya melakukan gotong royong untuk memperbaiki jembatan desa di Jalan Tambak Raja, yang menghubungkan antara wilayah Rukun Tetangga (RT) 1 dan RT 2. Sebanyak 30an warga desa berpartisipasi pada pelaksanaan gotong royong tersebut.

“Jembatan tersebut vital, digunakan oleh masyarakat umum hingga anak sekolah. Karena kondisinya berlobang dan membahayakan pengguna jembatan, kami melakukan gotong royong untuk memperbaikinya,” terang Pj Kepala Desa (Kades) Tuyun, Pratunas saat dihubungi awak media, Senin (30/7).

Ia mengatakan, perbaikan jembatan tersebut merupakan program kegiatan bidang IV Pemerintah Desa Tuyun. Jadi, anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD), dan digunakan untuk membeli bahan serta makanan dan minuman selama gotong royong.

Sedangkan warga yang terlibat dalam gotong royong tersebut melakukan tanpa dibayar, artinya dengan kesadaran penuh bergotong royong demi kemajuan desa. Menurutnya, kesadaran masyarakat Tuyun dalam bergotong royong patut sangat besar dan patur di apresiasi. Ini sangat membantu Pemerintah Desa menjalankan berbagai program.

Sebenarnya, gotong royong perbaikan jembatan desa tersebut direncanakan sejak jauh-jauh hari. Namun, karena terkendala bahan material, maka perbaikan baru dapat dilakukan pada akhir bulan Juli ini.

“Memang kami sempat kesulitan mencari bahan, jadi terpaksa kita menunggu terlebih dahulu,” tambahnya.

Saat ini, perbaikan jembatan sudah selesai dilakukan dan dapat digunakan oleh masyarakat baik pejalan kami maupun pengendara kendaraan bermotor. Hanya saja, tidak semua kendaraan dapat lewat di jembatan tersebut, khususnya truck bermuatan.

Disamping perbaikan jembatan, masyarakat Desa Tuyun juga aktif melakukan gotong royong penambalan jalan desa di wilayah setempat.

“Pemerintah Desa Tuyun sangat terbantu atas partisipasi warga desa. Tanpa ada peran aktif dari masyarakat, kita juga akan susah melakukan pembangunan di desa,” tandasnya.c-gcm