Kapuas  

DKD Kapuas Gelar Drama Pancasila Rumah Kita

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyelanggarakan Seni Drama Pancasila Rumah Kita di Taman Seni Kota Kuala Kapuas, Senin (8/9) malam. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan generasi muda.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Administrasi Umum Setda Kapuas Vitrianson mewakili Pj Bupati Kapuas. Tampak hadir Kepala SOPD dilingkup pemerintah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pengunjung.

Dalam laporannya Darwandie selaku Ketua Dewan Kesenian Daerah Kapuas menyampaikan dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengangkat semangat juang serta membangun inspirasi, meningkatkan rasa patriolisme kebangsaan dan tentu menjadi modal bagi generasi kita dalam meneruskan cita-cita bangsa.

Dikesempatan yang sama, I Dewa Gede Oka Ariawan Ketua Panitia menyampaikan melalui kegiatan ini dapat memberi ruang gerak dalam mengembangkan bakat, kreativitas, potensi para generasi muda untuk berkreasi dalam kegiatan yang bermanfaat. “Kegiatan ini dikemas dalam pentas seni konser kebangsaan Pancasila Rumah Kita, pameran lukisan, serta lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak,” kata dia.

Pj Bupati Kapuas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Vitrianson menyampaikan, kegiatan ini dapat menjauhkan masyarakat dari bahaya narkotika khususnya untuk para generasi muda penerus bangga. “Saya sebagai Penjabat Kabupaten Kapuas senantiasa berharap terhadap aktivitas dan kemajuan kesenian daerah agar tak henti-hentinya berkreasi menyemarakkan serta meramaikan Taman Seni Kota Kuala Kapuas untuk pembinaan seniman dan generasi muda,” jelasnya.

Masih ditempat sama Vitrianson didampingi Darwandie dan Kepala SOPD yang terkait meninjau hasil karya seni lukisan dari para seniman Kabupaten Kapuas.

Setelah itu kegiatan dimeriahkan dengan hiburan pementasan seni drama tari ide garapan Darwandie, Talinting E Toepak dan Rossela N Apoi, penampilan penari cilik, konser musik dan ditutup dengan menari manasai. hms