Kapuas  

BPBD Kapuas Bentuk Relawan Desa Tangguh Bencana

relawan desa tangguh bencana
Pelatihan Destana yang dilaksanakan di Desa Tajepan, Kecamatan Kapuas Murung, baru-baru ini.

KUALA KAPUAS/tabengan.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas membentuk relawan desa tangguh bencana (Destana) guna mengantisipasi penanganan cepat suatu musibah bencana yang terjadi di wilayah perdesaan. Seperti yang baru-baru ini dilakukan di wilayah Desa Tajepan, Kecamatan Kapuas Murung, sebanyak 30 orang peserta ikut dalam pelatihan Destana tersebut.

“Saya harapkan dengan mendapatkan pelatihan kebencanaan, warga masyarakat dan perangkat desa dapat memahami dasar-dasar mitigasi, pencegahan, kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana serta sekaligus sebagai mitra BPBD yang dapat bergerak cepat, tanggap dalam penanggulangan kebencanaan di Desa Tajepan dan desa sekitarnya,” kata Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga.

Harapan ke depan, pihaknya akan terus membentuk dan mengembangkan Destana di desa-desa yang rawan bencana. Juga diharapkan kemandirian masyarakat dalam penanggulangan bencana, khususnya bagi mereka yang tinggal di wilayah rawan bencana di wilayah Kabupaten Kapuas.c-yul