Sancho Kucurkan Dana Pribadi untuk Musorprovlub KONI

*Tidak Ada Bantuan Hibah dari Pemerintah

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Christian Sancho menyampaikan, untuk pelaksanaan Musyawarah Olahraga Luar Biasa Provinsi (Musorprovlub) tanpa ada dana bantuan dari pemerintah.
Sancho menegaskan, anggaran yang akan digunakan berasal dari dana pribadi. Menurutnya, dana pribadi dikeluarkan karena terpanggil dan melaksanakan tugas yang ditugaskan oleh KONI Pusat untuk segera merampungkan apa saja permasalahan yang ada di KONI Provinsi Kalteng.
“Tidak ada dana hibah. Jadi ini perlu disebarkan bahwa untuk kegiatan Musorprovlub yang diadakan ini tidak ada dana hibah, KONI sekarang nol dana hibahnya. Dari draft kebutuhan anggaran untuk Musorprovlub kurang lebih Rp100 atau Rp200 jutaan. Dan itu dana pribadi saya,” tegas Sancho, Jumat (18/8).
Tidak hanya itu, lanjut Sancho, semenjak ditunjuk menjadi Plt Ketum KONI Kalteng, untuk operasional KONI semuanya berasal dari dana pribadi, termasuk membayar tagihan listrik setiap bulannya Rp2.500.000.
Sementara itu, sebagai Plt Ketum, KONI Pusat memberikan tugas untuk melaksanakan Musorprovlub. Tugas tersebut harus diselesaikan. Rangkaian persiapan sudah dilakukan dengan menggelar rapat pembentukan panitia pelaksana, panitia pengarah, membentuk Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP). Kemudian pelaksanaan Musorprovlub yang akan digelar 23-24 Agustus di Palangka Raya.
“Jadi bagaimanapun ini saya segera tuntaskan biarpun keadaan KONI begini, tanpa ada dukungan dana pemerintah. Jadi saya juga sangat miris. Bagaimana pemerintah ini mau memperhatikan olahraga sementara Musorprovlub saja tidak ada dana buat KONI. Apalagi untuk cabor,” tuturnya.
Di Tengah tidak ada bantuan anggaran dari pemerintah, Sancho juga merasa miris dan prihatin ada dari perwakilan pemerintah yang juga mendaftarkan diri menjadi bakal calon ketua umum, sementara perhatiannya tidak ada. Menurut Sancho, hal ini merupakan satu catatan, bagaimana KONI Kalteng ini mau berubah kalau seperti ini.
Kendati demikian, Sancho menyebut kesiapan Musprovlub sudah hampir selesai. Kesiapannya 85 persen karena bagaimanapun untuk Musorprovlub ini dianggarkan bukan dari dana pemerintah atau dana hibah, namun anggaran pribadi dirinya sebagai Plt Ketum KONI. ist/yml