Poros Baru, Faridawaty Daftar ke Gerindra

TABENGAN/DEDY MENDAFTAR-Ketua DPW Partai NasDem Kalteng Faridawaty Darland Atjeh menyerahkan berkas pendaftaran ke Partai Gerindra, Minggu (28/4), di Palangka Raya.

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Suhu politik jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) semakin hangat. Sejumlah nama yang ramai diperbincangkan tidak menunjukkan tanda-tanda mendaftar ke partai politik (parpol) yang membuka pendaftaran ataupun penjaringan.

Poros baru justru dibuat oleh Partai NasDem dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Ketua DPW Partai NasDem Kalteng Faridawaty Darland Atjeh secara resmi mendaftar ke Partai Gerindra sebagai bakal calon Gubernur Kalteng. Pendaftaran diterima langsung oleh Ketua DPD Partai Gerindra Kalteng Iwan Kurniawan.

Ketua DPW Partai NasDem Kalteng Faridawaty Darland Atjeh menjelaskan, apa yang dilakukan Partai NasDem ini sebagai sebuah poros baru untuk Pilgub Kalteng. Ada sejumlah nama yang beredar, namun tidak ada satu pun yang mendaftar ke Partai NasDem ataupun Partai Gerindra.

“Partai NasDem berkomitmen bersama dengan Partai Gerindra untuk membangun koalisi dalam Pilgub Kalteng 2024 ini. Saya perlu tegaskan, Partai NasDem tidak akan meninggalkan Partai Gerindra. Koalisi ini akan batal apabila memang Partai Gerindra yang meninggalkan Partai NasDem,” kata Srikandi Partai NasDem ini usai mendaftar, Minggu (28/4), di Palangka Raya.

Menurut Faridawaty, jumlah kursi yang dimiliki Partai NasDem dan Partai Gerindra akan cukup untuk mengusung dalam Pilgub Kalteng 2024. Meski demikian, tidak akan memaksa untuk maju sebagai Cagub Kalteng. Semua tahapan dan mekanisme dalam masing-masing partai. Apabila memang ada kader yang memiliki elektabiltas yang mumpuni, bukan tidak mungkin itu yang akan diusung.

“Kader Partai NasDem silakan untuk mendaftar ke Partai NasDem dan Partai Gerindra. Demikian juga kader Partai Gerindra, silakan mendaftar ke Partai NasDem. Mana yang terbaik, itu yang akan diusung,” tegas Faridawaty.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Kalteng Iwan Kurniawan menegaskan, siapa pun figur yang akan diusung nanti, targetnya adalah menang. Jumlah kursi yang mencukupi untuk berkoalisi ini, tentu akan menjadi pertimbangan dalam mengusung. Apabila memang tidak ada lagi calon yang memang berminat atau mendaftar, bukan tidak mungkin pasangan Iwan Kurniawan-Faridawaty Darlan Atjeh yang maju bertanding.

“Politik itu bersifat dinamis dan berkembang. Masih ada ruang komunikasi politik, apakah menjadi cagub atau cawagub. Semuanya berproses saja, dan terus melakukan komunikasi politik dengan semua parpol yang ada di Kalteng. Sampai saat ini, ibu Faridawaty adalah pendaftar pertama di Partai Gerindra dan sosok perempuan pertama pula,” kata H Iwan singkat. ded