Jangan Berlebihan Membanggakan Diri Sendiri!

Tabengan.com – Membanggakan diri sendiri sepertinya mulai menjamur di kalangan generasi muda zaman sekarang. Gimana gak, penggunaan media sosial yang marak, membuat kita semua jadi berlomba-lomba untuk tampil lebih baik dibanding orang lain. Sayangnya, dari kebiasaan ini lahirlah perasaan ingin selalu membagikan pencapaian yang kita peroleh serta hal-hal baik lainnya di diri kita agar meraih pujian.

Jika mulai berlebihan, keinginan untuk membanggakan diri sendiri ini bisa merugikan diri sendiri, lho. Selain itu, ini dia nih beberapa alasan kenapa kita gak boleh terlalu membangga-banggakan diri sendiri.

Dianggap sombong dan pamer
Bayangkan, saat melakukan hal baik aja ada banyak orang yang akan nyinyir di luar sana. Apalagi jika kita melakukan sesuatu yang jelas-jelas salah. Berlebihan dalam membanggakan diri akan membuat kamu dianggap sombong dan selalu pamer. Mau gak kalau dapat cap jelek begini?

Merasa hebat dan tidak perlu berusaha
Kerugian yang akan kamu rasakan ketika membanggakan diri adalah kamu mudah terlena dengan apa yang sudah kamu miliki. Kamu jadi merasa gak perlu berusaha lebih lagi. Ujung-ujungnya kamu akan tertinggal dibanding orang lain. Makanya, jangan mudah merasa bangga atas apa yang kamu capai. Justru, kita harus memiliki rasa haus untuk terus memperbaiki diri.

Kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan
Pamer, sombong, dan membangga-banggakan diri sendiri adalah salah satu penyakit hati yang susah sekali untuk disembuhkan. Sekali kamu terbiasa melakukan ini, kamu akan selalu ingin mendapatkan pujian dari orang lain. Hingga, segala cara bisa kamu lakukan untuk memuaskan keinginanmu untuk membanggakan diri ini lho.

Kebiasaan melebih lebihkan yang dipunyai
arahnya, saat menjadi kebiasaan, kamu juga akan mulai melebih-lebihkan apa yang kamu punya. Misal, ketika kamu sebenarnya punya sepasang sepatu branded. Tapi karena gengsi mu yang semakin tinggi, kamu mulai membual bahwa sepatu brandedmu ada puluhan. Kalau sudah begini, kamu malah jadi pembohong dong.

Alhasil, dicap tong kosong nyaring bunyinya
Ketika orang-orang tahu kebenaran yang sesungguhnya, bukan gak mungkin kamu akan dicap tong kosong nyaring bunyinya. Alias, orang yang cuma bisa ngomong tanpa ada bukti apa-apa. Nah, jika sudah berlebihan seperti ini, kamu juga kan yang akan mengalami dan merasakan kerugiannya.
Jadilah orang yang lebih rendah diri. Biarkan kesuksesan kita yang bicara. Kamu gak perlu sering berkoar-koar semua orang juga tau kok kalau nanti kamu sukses. Oke!