Jangan Buang Sampah di Laut

SAMPIT/tabengan.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo meminta kepada para penumpang kapal untuk selalu menjaga kebersihan selama berada di kapal laut. Ia juga mengingatkan agar para penumpang tidak membuang sampah di laut.

“Jangan buang sampah ataupun barang di laut. Di kapal sudah tersedia tempat sampah. Mari kita jaga kebersihan laut kita,” imbaunya ketika meninjau arus mudik dan mudik gratis Jasa Raharja di Pelabuhan Sampit, Kotawaringin Timur, Kamis (30/5).

Selain itu, Agus juga mengingatkan kepada calon penumpang untuk dapat membeli tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terjadi lonjakan penumpang di pelabuhan dan penumpang yang tak terangkut. Apalagi saat ini, menurutnya, pembelian tiket kapal sudah dipermudah karena penjualan tiket dilakukan secara online.

“Semoga tidak ada lonjakan penumpang yang tidak bisa teratasi. Kalaupun melonjak, saya harap semua stakeholder sudah menyiapkan antisipasi,” tuturnya.

Kedatangannya ke Pelabuhan Sampit, selain melepas kegiatan mudik bareng PT Jasa Raharja, juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Perhubungan ke Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat yang sudah dilakukan sebelumnya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengecek kondisi kapal KM Egon tujuan Sampit-Semarang yang bermuatan sekitar 2 ribuan penumpang, berikut kelengkapan alat keselamatannya.

“Saya berharap pada program angkutan Lebaran ini semua penumpang bisa terlayani dengan baik, sehingga mereka bisa mudik dengan selamat dan aman serta dapat berlebaran di kampung halaman,” katanya. c-may