TK dan SDS Surya Persada PT SINP-PBNA Mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2019

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Kegiatan hidup sehat bisa kita galakkan sejak usia dini mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah dasar (SD). Di TK dan SD kita mengenal Usaha Kesahatan Sekolah (UKS) yang akan menjembatani peserta didik dalam memperoleh pengetahuan tentang kesehatan. Dengan adanya pengenalan kesehatan dari usia dini akan memotivasi anak untuk selalu tumbuh dengan gaya hidup sehat.

TK dan SDS Surya Persada mempunyai cita-cita untuk mewujudkan hal tersebut dengan berusaha menjalankan Trias UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sekolah sehat. Banyak usaha yang dilakukan TK dan SDS Surya Persada demi mewujukan hal tersebut dengan membiasakan anak untuk selalu menjaga kebersihan mulai dari kebersihan diri, sekolah dan lingkungan sekitar.

Untuk mewujudkan Trias UKS yang berkesinambungan TK dan SDS Surya Persada berduet mengikuti lomba sekolah sehat mulai dari tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Alhamdulillah TK dan SDS Surya Persada mendapat kepercayaan mengikuti Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional tahun 2019 mewakili Propinsi Kalteng, untuk kategori TK dan SD. Banyak persiapan dan pembenahan yang dilakukan untuk menghadapi penilain sekolah sehat tahun 2019. Persiapan dilakukan jauh-jauh hari sejak ditetapkannya TK dan SDS Surya Persada sebagai pemenang Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Kalteng. Dukungan dari semua pihak memberikan semangat dan rasa percaya diri tinggi bagi TK dan SDS Surya Persada. Selain itu, dukungan diberikan juga oleh management PT. SINP-PBNA berupa support dalam melengkapi sarana dan prasaran yang belum terpenuhi.

Pada Selasa, 16 Juli 2019, Tim penilai Sekolah Sehat Tingkat Nasional didampingi dinas terkait dari Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kobar dan management PT.SINP-PBNA, pertama mengunjungi TK Surya Persada untuk meninjau langsung UKS, Lingkungan Sekolah, Ruang Kelas tidak lupa siswa siswi yang ada di TK Surya Persada. Sebelum melakukan penilaian sekolah tim nasional disambut dengan pengalungan bunga dari siswa siswi TK Surya Persada dilanjutkan dengan demo cuci tangan. Tim penilai sekolah sehat melanjutkan dengan melakukan penilaian disetiap sudut ruang dan lingkungan sekolah dengan sangat ditail. Selama kurang lebih 2 jam melakukan verifikasi, tim penilai nasional mengakhiri penilaian dengan memberikan beberapa masukan untuk perbaikan kedepannya.

Setelah melakukan penilain di TK Surya Persada tim penilai melanjutkan ke SDS Surya Persada. Di depan gerbang sekolah tim juri nasional disambut dengan tarian khas kalimantan yang dibawakan oleh tim tari siswa dan siswi SDS Surya Persada sehingga sedikit mengurangi ketegangan, dilanjukan dengan lantuan lagu mars UKS yang dibawakan oleh dokter kecil dan polisi lingkungan SDS Surya Persada. Selesai sambutan Tim penilai langsung menuju Ruang Kepala Sekolah SDS Surya Persada dan memberikan sedikit gambaran unutk penilaian sekolah sehat tingkat nasional. Setelah itu tim penilai mengawali penilaian dengan pengisian kuesionar oleh siswa siswa SDS Surya Persada dilanjukan dengan mengeliling lingkungan Sekolah, UKS, Ruang Guru, Ruang Kelas, Perpustakaan, Lab. TIK, Kamar Mandi, Green House, Kantin, Mushola, Pengolahan Sampah, Sanggar Pramuka, Hutan Sekolah, Apotek Hidup, Kolam Ikan, Outbound, Ruang Keterampilan dan masih banyak yang lainnya. Semua diperiksa satu persatu tanpa ada yang terlewatkan. Setelah sekitar 3 jam
melakukan penilaian tim penilai memberikan beberapa masukan yang harus diperbaiki untuk kedepannya. Sesi terakhir dilakukan foto bersama dengan semua tim baik dari Kecamatan, Kabupten Nasional dan Management PT.SINP-PBNA.

Kami segenap guru dan karyawan TK dan SDS Surya Persada mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2019. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PT.SINP PBNA Astra Agro Lestari, Tbk yang selalu memberikan support dan kontribusi yang begitu besar kepada sekolah TK dan SDS Surya Persada. Tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua Guru TK, Guru SD beserta staf dan Pembina Guru SDS Surya Persada dan Guru Pembina TK dan SDS Surya Persada yang tidak mengenal lelah, tidak mengenal siang dan malam demi terlaksana dan suksesnya Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019. Semoga ini menjadi motivasi kita semua untuk mewujudkan generasi sehat untuk Indonesia. PT.SINP-PBNA