Umi Dorong Peningkatan Pengembangan Pariwisita

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah terus mendorong Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangka Raya untuk terus meningkatkan pembangunan dan pengembangan objek wisata dengan memperkuat inovasi sebagai strategi utama mempertahankan bahkan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Menurut Umi, inovasi atau strategi yang dimaksud adalah bagaimana para pelaku dan pengelola wisata mampu memberikan sentuhan-sentuhan agar objek wisata yang dikembangkan dapat memiliki daya pikat serta bagi yang mengandalkan wisata air, bagaimana tetap menarik meskipun kemarau dan kekeringan melanda.

Inovasi yang bisa diambil oleh dinas terkait, lanjutnya, bisa berupa penyelenggaraan kegiatan di objek-objek wisata unggulan seperti kegiatan festival budaya atau lomba pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek wisata itu sendiri.

Umi mengakui, objek wisata di Kota Palangka Raya selama ini lebih berkaitan pada wisata alam, sehingga sangat bergantung pada perubahan dan kondisi cuaca. Namun begitu, lanjutnya, kondisi cuaca juga harus menjadi kajian bagi para pelaku usaha wisata terutama untuk mensiasati agar objek wisata yang dikembangkan dapat terus beroperasi dan tidak terpengaruh akibat kondisi apapun. rgb