16.598 Pemudik Natal dan Tahun Baru Keluar dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai

mudik natal dan tahun baru di pelabuhan kumai
Kkegiatan mudik Natal dan Tahun Baru dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai

PANGKALAN BUN/tabengan.com – Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, jumlah pemudik yang keluar dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat diprediksi sebanyak 16.598 orang dengan jumlah kunjungan kapal (call) sebanyak 23 call dengan tujuan Surabaya, Semarang dan Kendal.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kumai Capt Wahyu Prihartono melalui Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP Kumai Marjuki mengatakan, angka tersebut ada kenaikan sekitar 15 persen dari jumlah pemudik Natal dan Tahun Baru di tahun 2018.

“Ada tiga operator kapal yang menyediakan armada untuk arus mudik Natal dan Tahun Baru yakni Pelni, Darma Lautan Utama dan ASDP. Kegiatan arus mudik melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai sejak 18 Desember 2019 bahkan pada 25 Desember pun ada tiga armada yang tetap beroprasional agar pemudik tetap terangkut meski hari libur,” kata Kasi KBPP KSOP Kumai Marjuki, Senin (23/12), melalui telepon seluler.

Marjuki menambahkan, untuk kegiatan mudik Natal dan Tahun Baru, armada Pelni menyediakan 2 armada dan 5 kunjungan dengan total penumpang yang diangkut sebanyak 8.104 orang. Sedangkan untuk armada milik Darma Lautan Utama ada 4 armada dan jumlah kunjungan sebanyak 15 call dengan jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 7.324 orang.

“Armada milik ASDP hanya satu armada dengan jumlah kunjungan ada 3 call dan penumpang yang diangkut sebanyak 1.170 orang,” ujar Marjuki.

Marjuki menyebut hingga 22 Desember 2019, jumlah pemudik yang sudah keluar dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai sebanyak 4.183 orang, dan penumpang yang datang hingga tanggal tersebut mencapai 2.810 orang.

“Kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi calon penumpang. Saat ini fasilitas pelabuhan sangat lengkap dan nyaman bagi calon penumpang yang menunggu keberangkatan,” kata Marjuki. (yulia)