Kasatlantas: Knalpot Brong Resahkan Masyarakat

RIBUT - Personel Satlantas Polresta Palangka Raya menerima knalpot brong yang dilepaskan warga dari kendaraannya yang terkena penertiban. TABENGAN/FERY

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID– Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota (Satlantas Polresta) Palangka Raya terus melakukan patrol sekaligus menindak pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong atau knalpot tanpa sekat yang bersuara nyaring. Kasat Lantas Polresta Palangka Raya Kompol Salahidin menegaskan jika knalpot brong menjadi perhatian serius jajaran Satlantas karena dampak buruk yang ditimbulkan. Penggunaan knalpot brong turut meresahkan masyarakat karena suaranya yang keras dan mengganggu.

“Penindakan terhadap knalpot brong terus kita lakukan karena telah menjadi perhatian dan menindaklanjuti laporan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Satlantas Polresta Palangka Raya terus menggiatkan patroli simpatik guna mewujudkan Kamseltibcar Lantas di Wilayah Kota Palangka Raya. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Personel Unit Patroli Satuan Lalu Lintas Polresta Palangka Raya, dengan berpatroli ke Yos Sudarso, Jalan Tjilik Riwut dan Bundaran Besar dengan menyasar para pengguna knalpot brong.

Aiptu Endi Umbara yang memimpin kegiatan tersebut menjelaskan, penggunaan knalpot brong merupakan pelanggaran lalu lintas karena tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan sebagaimana diatur dalam pasal 285 ayat 1 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Dirinya menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut sejumlah pengguna knalpot brong diberikan tindakan berupa teguran tertulis secara simpatik. “Pelanggar juga membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya dan bersedia menyerahkan knalpot tersebut kepada petugas untuk kita lakukan pemusnahan,” tandasnya. fwa