TOKOH  

HARI KARTINI MENJADI MOMENTUM BANGKITNYA PEREMPUAN DAYAK UNTUK BERKARYA

Mutiara Usop, Tokoh Peremuan Dayak Kalteng

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Raden Ajeng Kartini adalah sosok wanita yang berjasa besar dalam memperjuangkan hak-hak dan emansipasi wanita Indonesia, dalam menyambut hari Kartini, pada tanggal 21 April 2024, tokoh perempuan Kalimantan Tengah, Ibu Mutiara Usop, yang juga Ketua Presidium Lembaga Musyawarah Masyarakat Dayak dan Daerah Kalimantan Tengah ( LMMDDKT), kepada Wartawan, Minggu ( 21 April 2024 ) mengatakan, di tahun Politik ini, kaum Perempuan Dayak harus berani mendeklarasikan diri sebagai sosok yang mampu bersaing dengan kaum Pria, dalam memimpin Daerah, baik ditingkat Kabupaten / Kota , bahkan hingga Provinsi.

“ Momen hari Kartini dan di tahun politik ini, kaum perempuan Dayak, jangan sungkan dan ragu untuk bersuara nyaring seraya mendeklarasikan diri untuk berkompetisi dalam Pilkada di Kalteng” tegas Ibu Mutiara.

Mutiara Usop, yang juga istri tokoh budayawan dan pendidikan di Kalteng, Almarhum Prof. KMA Usop, menambahkan, sebenarnya, cukup banyak tokoh perempuan Dayak, baik itu dijajaran Akademisi, maupun yang sudah terjun di dunia politik yang mampu membawa Kalteng menjadi lebih baik, namun karena kurang terbukanya kesempatan sehingga mereka belum bersinar.

Menutup pernyatannya, Mutiara Usop, yang juga anggota Dewan Kehormatan DAD Kalteng mengimbau, para pemimpin partai politik, agar berani menerobos kebuntuan selama ini, dengan membuka ruang untuk tokoh-tokoh Perempuan Dayak berkarya di dunia Politik, sehingga mampu memimpin tingkat Kabupaten, hingga Provinsi.