PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID – Kelurahan Raja Kecamatan Arut Selatan, menggelar sosialisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), dalam kegiatan tersebut melibatkan 4 kelompok UMKM yang ada di wilayah Kelurahan Raja.
Lurah Raja Supriyadi mengatakan, kegiatan sosialisasi UMKM ini bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (LPP) Enter Pangkalan Bun, dimana sosialisasi ini dengan tema “UMKM Go Digital”.
Supriyadi juga menyampaikan dalam acara sosialisasi ini dihadiri Babinsa Kelurahan Raja, Bhabinkamtibmas Kelurahan Raja, Kelompok UMKM Alun-Alun Istana Kuning, Kelompok Pelaku Usaha Sembaga Mas Loga Tarmili, Kelompok UMKM Dermaga Indra Kencana, Kelompok Pelaku Usaha Bersatu Pahari Maju.
“Tujuan sosialisasi ini sebagai wujud kwpwludian dan perhatian kami terhadap pelaku UMKM yang ada ada di wilayah Kelurahan Raja, diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini dan mendapatkan pengetahuan dari nara sumber dari LPP Enter, pelaku UMKM di kelurahan Raja semakin sukses dan naik kelas,” kata Supriyadi, Selasa (13/8).
Menurutnya, sesuai tema UMKM Go Digital ini, mengingat saat ini di tengah kemajuan digitalisasi, jika pelaku UMKM tidak mengikuti perkembangan tersebut maka tidak akan berkembang, seperti yang dialami para pedagang di Pasar Indrasari dan Indra Kencana,yang saat ini sepi dari pengunjung.
“10 tahun yang lalu kita bisa lihat sendiri kondisi pasar Indrasari dan indra Kencana, dimana saat itu selalu ramai, tetapi sekarang ini pedagang pun mengeluh sepi pengunjung bahkan banyak kios yang tutup, hal itu di karenakan banyaknya penjualan melalui online, untuk itu kami inginkan pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Raja bisa berkembang jangan tergilas karena kemajuan digitalisasi,” ujar Supriyadi.
Dimana menurutnya, narasumber dan LPP Enter akan membimbing dan memberikan ilmu bagi pelaku UMKM tentang cara mempromosikan produk melalui digital /media sosial. Sehingga lebih banyak masyarakat yang mengetahui produk produk UMKM yang ditawarkan.
“Promosi melalui media sosial saat ini jauh lebih baik, jadi pelaku UMKM ini jangan hanya menunggu pembeli datang tanpa adanya promosi di media sosial, selain itu juga pelaku UMKM pun diharapkan bisa bekerja sama dengan kurir, karena saat ini masyarakat kita lebih sering menggunakan jasa kurir, semuanya serba melalui online, untuk itu kami harapkan pelaku UMKM lebih maju dengan memanfaatkan kemajuan digital,” beber Supriyadi. (Yulia)





