Tanda Kecerdasan Emosi di Bawah Rata-rata!

Tabengan.com – Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali perasaan orang lain. Tak heran, kemampuan ini menjadi bagian penting bagi seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Seseorang dengan kecerdasan emosional di bawah rata-rata akan menemukan banyak permasalahan dalam hidupnya. Oleh karena itu penting bagi setiap orang mengetahui tanda-tandanya untuk mengantisipasi, termasuk kamu.

Bila kamu belum mengetahui tanda-tanda dari rendahnya kecerdasan emosional, kamu wajib nih scroll ke bawah. Pastikan tanda-tanda di bawah ini tidak ada pada dirimu ya!

1. Membantah pendapat orang lain
Jika kamu merasa selama ini sering berdebat dan marah-marah dengan teman sekolah, teman kerja, atau pun orang lainnya. Mungkin kamu memiliki kecerdasan emosi yang rendah.

Kamu mendebat dan mengkritik orang lain karena kamu tidak tahu bagaimana perasaan orang lain. Kamu tidak bisa memahami bagaimana emosi mereka sehingga kamu cuek saja saat mendebat yang seringnya menyakiti perasaan orang lain.

2. Sering gak mengerti perasaan orang lain
Kamu selalu kesulitan untuk mengerti perasaan. Kamu tidak tahu apakah pacarmu sedang marah, ibumu sedang sedih, atau mungkin temanmu sedang gak nyaman denganmu. Kamu sering merasa terganggu saat orang lain ingin dipahami perasaannya olehmu.

Karena kamu gak mengerti perasaan orang lain, kamu juga memiliki sedikit pengalaman berempati dengan orang lain. Kamu tidak bisa memposisikan dirimu seperti orang lain karena kamu gak pernah merasakan perasaan orang lain.

3. Selalu menyalahkan orang lain
Orang dengan kecerdasan emosional yang rendah biasanya tidak paham bahwa emosi mereka berpengaruh terhadap kinerja mereka. Ketika terjadi kesalahpahaman dalam bekerja mereka akan menyalahkan orang lain atau keadaan yang ada.

Mereka seolah-olah merasa bahwa mereka ini terpaksa melakukan kesalahan karena orang lain dan merasa menjadi korban dalam problem tersebut.

4. Memiliki sense humor yang berbeda dan terlalu sensitif
Merasa orang lain sensitif, merupakan tanda kecerdasan emosionalmu di bawah rata-rata. Contohnya saat ada musibah atau hal lain yang gak pantas dijadikan bahan bercandaan justru kamu jadikan bahan guyonan.

Saat orang lain menegur, kamu justru merasa gak dipahami dan menuduh mereka sensitif. Kesulitan memahami dan menginterpretasikan perasaan orang lain inilah penyebabnya.

5. Gak bisa menjaga hubungan pertemanan
Karena kecerdasan emosi rendah kamu tidak bisa bertahan lama dalam pertemanan. Dalam pertemanan tentunya ada hubungan timbal balik, saling memahami satu sama lain, dan empati. Dimana semua hal ini tidak dikuasai oleh kamu yang memiliki kecerdasan emosi yang rendah. Pada akhirnya kamu pun sering ditinggalkan temanmu. idn-time