Masyarakat Punya Andil Cegah Narkoba

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Narkoba menjadi salah satu persoalan yang kini tengah ditindaklanjuti oleh pemerintah. Banyak macam ragam bentuk dari barang haram dalam kemasan yang bervariasi dan nama yang berbeda-beda.

Berbagai persoalan terkait peredaran di pelosok mendapat tanggapan serius, dari kalangan DPRD Provinsi. Pihaknya berharap agar persoalan ini, mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. Ketua Komisi C H Syamsul Hadi mengatakan, persoalan semacam ini wajib ditindaklanjuti dan harus mendapat reaksi pencegahan yang responsif.

“Harus ada upaya-upaya intensif, untuk mencegah masuknya peredaran tersebut,” ujar Syamsul kepada awak media, belum lama ini. Misalnya dengan membentengi diri dengan nilai-nilai moral. Pihak aparat juga harus melaksanakan pengawasan, penertiban, serta melakukan penindakan. Hal itu juga tidak luput dari andil para tokoh pemuda, masyarakat, dan agama.

Tentunya memberikan pendampingan serta informasi agar masyarakat tidak mudah terpengaruh dan masuk dalam peredaran tersebut. Pemerintah juga wajib ikutserta untuk melaksanakan pemberantasan tersebut. Misalnya saja, melalui keberpihakan penganggaran. Dirinya menambahkan penguatan kelembagaan, terkait sosialisasi sudah cukup kuat.

Hanya saja para pengedar dan bandar memiliki banyak modus dan strategi, dalam memperkuat jaringannya. Permasalahan semacam ini menjadi titik fokus aparat, untuk gencar dalam melakukan pemberantasan serta penindakan. Jangan sampai tembakau gorilla itu, malah mudah masuk dan menjadi konsumsi masyarakat, khususnya para remaja.

“Dengan berkembangnya informasi serta teknologi saat ini, tentunya juga memberikan peningkatan berbagai potensi serta cara bandar dan pengedar, dalam menjajakan narkoba tersebut,” ungkap politisi PPP tersebut. Selain itu dirinya juga menanggapi peredaran yang saat ini dianggap sudah membahayakan.

Intinya sudah benar-benar mencemaskan. Tidak hanya berpusat di perkotaan saja, namun hingga ke pelosok daerah. “Ini bisa saja terjadi, karena penjajahan tidak hanya melalui invansi, namun juga dalam bentuk lainnya,” ucapnya kepada Tabengan, belum lama ini.

Memang, ucapnya, upaya dari pemerintah cukup maksimal. Hasilnya pun sangat memuaskan. Hanya saja, kondisi ini berbanding sama, dengan jumlah distribusi narkoba yang masuk. drn