KONI Apresiasi Peningkatan Prestasi Olahraga Kotim

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalteng, memuji peningkatan prestasi olahraga dari Kabupaten Kotim. Hal ini terbukti dari prestasi yang diraih pada Porprov XI 2018 di Barito Utara (Barut) dibandingkan dengan event yang sama 4 tahun sebelumnya.

Ketua Umum KONI Provinsi Kalteng Aries Marcorius Narang dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketum Bidang Pengorganisasian dan Manajemen, Nurani Mahmudin, pada acara Musorkab IV KONI Kotim, Sabtu (9/2) di Hotel Aquarius, Sampit, bahwa peningkatan prestasi ini tidak terlepas dari pembinaan atlet yang dilakukan selama ini.

“Kotim mengikuti Porprov XI di Barut prestasinya melejit, dibandingkan dengan sebelumnya berhasil berada di peringkat ketiga dalam perolehan medali dengan jumlah 42 medali emas. Jika dibandingkan dengan Porprov X, hanya meraih 14 medali emas. Jumlah anggota kontingen juga terbanyak, ini menunjukkan banyak kemajuan,” kata Nurani.

Dalam pengamatan KONI Kalteng, Kotim mempunyai banyak potensi untuk melahirkan atlet-atlet dari cabang olahraga peorangan. Jumlah penduduk yang sangat memungkinkan untuk dikembangankan, diharapkan Kotim ini menjadi salah satu daerah lumbung atlet Kalteng.

Sementara itu dalam Musorkab IV ini agenda utamanya pemilihan ketua umum yang baru untuk periode 2019-2023, setelah masa bakti kepengurusan periode sebelumnya telah berakhir pada 21 Januari. H Achyar Umar terpilih secara aklamasi menjadi ketua umum yang baru untuk periode 4 tahun mendatang.

KONI Kalteng menyambut siapapun figur yang memimpin KONI Kotim, terpenting harus memahami tugas dan tanggung jawabnya serta mampu melakukan terobosan baru dalam pembinaan olahraga prestasi. KONI sebagai organisasi yang mengemban tugas menangani olahraga prestasi akan menjadi harapan masyarakat dan pemerintah Kalteng untuk mempersiapkan atlet berprestasi.

Selain itu, Kabupaten Kotim juga mengajukan diri menjadi calon tuan rumah Porprov XII, 2022 dan akan bersaing dengan tiga daerah lainnya yaitu Kobar, Katingan dan Kota Palangka Raya.

Menurut Nurani sangat layak untuk menjadi tuan rumah multi event olahraga tingkat Provinsi Kalteng ini. Potensi sarana pendukung seperti penginapan dan venue olahraga memadai. Ini akan menjadi bahan pertimbangan utama dari tim penjaringan calon tuan rumah Porprov XII yang sudah dibentuk oleh KONI Provinsi Kalteng. yml