Dewan Sarankan Faskes Anak Terus Ditingkatkan

Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya Norhaini

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya Norhaini, mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan fasilitas kesehatan (Faskes) khusus untuk anak.

Hal ini dikaitkan dengan predikat Kota Layak Anak (KLA) yang diraih Kota Palangka Raya yang juga menjadi salah satu faktor penentunya.

“Upaya kita dalam hal tersebut  harus tetap ditingkatkan untuk mewujudkan pembangunan yang berfokus pada pemenuhan dan perlindungan hak anak”, ucapnya, baru-baru ini.

Menurutnya, peningkatan Faskes untuk anak adalah suatu keharusan bagi pemerintah. Bahkan program KLA telah menjadi prioritas semua pihak yang terlibat dalam pembangunan, dengan pemahaman bahwa anak-anak adalah pilar pembangunan di masa depan.

Norhaini menekankan bahwa perlindungan dan pemenuhan hak anak sangat penting, terutama dalam bidang kesehatan.

Oleh karena itu, rumah sakit dan puskesmas diharapkan dapat menyediakan fasilitas yang memadai untuk anak-anak, termasuk personel medis yang berkompeten dalam merawat anak.

“Salah satu tanda kemajuan adalah adanya fasilitas layanan kesehatan yang bersahabat dengan anak-anak, dengan tenaga medis yang profesional. Anak-anak adalah fondasi pembangunan di masa depan, oleh karena itu, persiapan untuk mereka sudah seharusnya dimulai sejak dini”, lanjutnya.

Dengan ini, ia juga meminta pemerintah dan instansi terkait untuk menjadikan fasilitas ini tersedia secara merata di semua unit layanan kesehatan.

Hal ini merupakan komitmen yang perlu diwujudkan pemerintah dalam mencapai kesehatan dan kesejahteraan anak-anak.

Dengan adanya Faskes yang lebih berkualitas dan terjangkau, diharapkan anak-anak dapat menerima perawatan medis yang lebih baik dan tepat waktu, mendukung pertumbuhan, dan perkembangan mereka.

Hal ini juga membantu dalam pencegahan dan pengendalian penyakit anak, serta memberikan solusi cepat ketika anak mengalami masalah kesehatan.

Selain itu, peningkatan Faskes pada anak dapat meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya perawatan kesehatan anak dan memberikan akses yang lebih mudah untuk layanan kesehatan yang diperlukan. Hal ini berkontribusi secara signifikan terhadap kualitas hidup dan masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda. rba