Kedatangan Pj Bupati Lamandau Disambut Adat Potong Pantan

POTONG PANTAN- Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani disambut dengan tradisi adat potong pantan di halaman Kantor Bupati setempat, Rabu (27/9). TABENGAN/KARAMOI

NANGA BULIK/TABENGAN- Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani telah tiba di Bumi Bahaum Bakuba. Seperti tamu kehormatan lainnya, kedatangan Lilis Suriani, Rabu (27/9), disambut dengan tradisi adat ikat tongang dan potong pantan di halaman Kantor Bupati setempat.

Dengan dilaksanakannya ikat tongang dan potong pantan, seseorang yang datang di Bumi Bahaum Bakuba telah memutuskan atau menghilangkan aral melintang atau hambatan, dan senantiasa mendapat keberkahan dalam menjalankan tugas.

Tak hanya disambut secara adat, Pj Bupati Lilis Suriani juga disambut hangat Sekda Lamandau M Irwansyah dan Pj Ketua TP-PKK Lamandau, Endah Rahayuningsih M Irwansyah, serta seluruh kepala OPD lingkup Pemkab Lamandau.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di dalam aula Setda. Dalam kesempatannya, Sekda menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pj Bupati di Bumi Bahaum Bakuba. Dirinya secara umum juga menyampaikan soal kondisi geografis serta keadaan sosial masyarakat yang ada di Kabupaten Lamandau.

“Selamat datang Ibu Pj Bupati, tentu kita sangat menyambut baik. Semoga bisa melanjutkan pembangunan demi memajukan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sekda Irwansyah.

Diharapkan, dengan kepemimpinan Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani, kita dapat serta mampu mewujudkan Kalteng semakin Berkah.

“Sebagai ASN di lingkup pemerintah daerah, kami siap berkolaborasi untuk membantu bersama-sama mewujudkan cita-cita nasional. Dan yang pasti, kami mengharapkan arahan dari ibu Pj, kami siap membantu ibu untuk melaksanakan program kerja kedepan,” tandasnya.

Sementara, saat diwawancarai wartawan, Pj Lilis Suriani mengaku siap menjalankan amanah sebagai Pj Bupati Lamandau. Dirinya pun akan berusaha membuat Kabupaten Lamandau yang sudah baik semakin baik lagi.

“Kaitan dengan program kerja, tentunya kita juga melihat isu-isu nasional. Seperti halnya arahan dari bapak Presdidan juga Pak Gubernur, bahwa kita harus bisa menangani stunting serta menurunkan angka kemiskinan,” ungkapnya.

Lilis mengatakan, saat ini kita sedang memasuki musim kemarau. Dan diprediksi masih akan berlangsung. Jadi harus cepat mengatasi apabila ada kebakaran lahan.

“Oleh sebab itu, kita juga mengimbau kepada semua pihak agar mari bersama-sama menjaga, dan tidak membakar sembarangan yang dampaknya (asap) dapat mengganggu kesehatan,” katanya. c-kar