Mulai 5 Januari, Citilink Airbus A320 Layani Rute Pangkalan Bun-Jakarta

Plh Sekda Kobar Juni Gultom

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kabupaten lainnya di bagian barat Kalimantan Tengah, mulai tanggal 5 Januari 2024, maskapai penerbangan Citilink Airbus A320 mulai melayani penerbangan Pangkalan Bun-Jakarta (PP).

Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi melalui Plh Sekda Kobar Juni Gultom mengatakan, masuknya maskapai penerbangan Citilink Airbus A320, merupakan pemenuhan akomodasi udara, dimana masuknya maskapai tersebut untuk solusi yang selama ini di keluhan masyarakat yakni minimnya penebangan ke Jakarta.

“Kami berusaha memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah transportasi udara rute Jakarta-Pangkalan Bun dan sebaliknya,sebab selama ini masyarakat mengeluhkan perihal itu,” kata Plh Sekda Kobar Juni Gultom, Jumat (29/12).

Menurut Juni Gultom, Kabupaten Kotawaringin Barat merupakan wilayah yang sangat strategis dan Tengah berkembang wilayah industri, yang tentunya di butuhkan transportasi yang cepat baik menuju ke Pangkalan Bun dari Jakarta.

“Pada bulan September 2023 lalu, kami menggelar rapat koordinasi konektivitas Penerbangan, dalam rapat tersebut melibatkan pihak maskapai dan UPBU (Unit Penyelenggara Bandara Udara) Iskandar Pangkalan Bun, dalam rapat tersebut kami membahas tuntas permasalahan minimnya maskapai penerbangan ke Pangkalan Bun termasuk juga perihal harga tiket yang mahal,” ujar Juni Gultom.

Lanjutnya, tindak lanjut rapat tersebut pemerintah daerah Kobar pun melobi pihak maskapai salah satunya Citilink, agar bisa melayani rute yang banyak di butuhkan oleh masyarakat /investor yakni Pangkalan Bun – Jakarta. Dan akhirnya pihak citilink pun menyanggupi dan akan beroperasi mulai Tanggal 5 Januari 2024.

“Untuk sementara, Citilink akan melayani penerbangan Jakarta – Pangkalan Bun (PP) dalam satu minggu tiga kali, dengan adanya penambahan maskapai yang masuk ke kota Pangkalan Bun maka diyakini kota Pangkalan Bun akan lebih maju pesat,” ujar Juni Gultom. (yulia)