Pendaratan Perdana Citilink Jakarta-Pangkalan Bun

PERDANA- Pj Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi menyaksikan pendaratan perdana maskapai Citilink Airbus A320 di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Jumat (5/1). TABENGAN/YULIANTINI

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID-Jumat (5/1) tepat pukul 06.59 WIB, pesawat Citilink Airbus A320 mendarat dengan sempurna di Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Pendaratan tersebut merupakan yang perdana. Maskapai penerbangan Citilink Airbus A320 melayani rute Pangkalan Bun-Jakarta.

Pendaratan perdana maskapai Citilink Airbus A320 disaksikan langsung oleh Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santoso Sudarmadi, dihadiri Plh Sekda Kobar Juni Gultom, Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman, Wakapolres Kobar Kompol Wihelmus Helky, dan Anggota DPR RI Ujang Iskandar.

Pada saat mendarat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, maskapai Citilink Airbus A320 membawa sekitar 138 penumpang. Pada penerbangan perdana ke Pangkalan Bun, dalam penerbangan tersebut juga ikut serta Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai bersama Mukhtarudin, Anggota DPR RI Komisi IV.

Pj Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, pasalnya penambahan maskapai penerbangan ini merupakan aspirasi atau keinginan yang diharapkan oleh masyarakat selama ini.

Alhamdulillah, pada hari ini tanggal 5 Januari 2024, maskapai penerbangan Citilink Airbus A320 telah mendarat di Bandara Iskandar Pangkalan Bun, dan akan melayani penerbangan dengan rute Pangkalan Bun-Jakarta. Ini suatu kemajuan yang sangat luar biasa,” ujar Budi Santosa.

Menurut Budi Santosa, masuknya maskapai Citilink Airbus A320, merupakan hasil perjuangan bersama antara steakholder dan Forkopimda Kobar. Kehadiran Citilink ini merupakan jawaban atas keinginan masyarakat.

“Kami hanya meneruskan apa yang diinginkan oleh masyarakat, yakni dengan adanya penambahan maskapai penerbangan ini merupakan suatu langkah baik, dan tentunya akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat. Jadi masuknya maskapai penerbangan Citilink Airbus A320 atas perjuangan kita bersama,” katanya.

Pj Bupati Kobar juga menambahkan, pada saat berbincang dengan Direktur Utama Citilink, agar ada penambahan armada dari Citilink untuk melayani rute Palangka Raya-Sampit-Pangkalan Bun.

Alhamdulillah tadi saya sudah sampaikan kepada Direktur Utama Citilink untuk melayani rute Palangka Raya-Sampit-Pangkalan Bun, dan Direktur Utama Citilink langsung merespons, termasuk juga untuk rute penerbangan Pangkalan Bun-Jakarta, akan diupayakan setiap hari,” imbuhnya.

Menurutnya, Kobar ini termasuk pintu gerbang perekonomian Kalteng bagian barat, sehingga dengan adanya penambahan maskapai ini merupakan dukungan dalam percepatan pembangunan perekonomian Kobar dan Kalteng pada umumnya.

“Setelah Citilink, kemungkinan ada penambahan maskapai lainnya yakni dari Batik Air,” beber Budi Santosa. c-uli