Dari 8 Nama, Mengerucut 3 Calon Sekda Kobar 

Juni Gultom, Rodi Iskandar dan Aida Lailawati

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID-Dari 8 nama  calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang ikut seleksi sudah mengerucut menjadi 3 nama. Yakni Juni Gultom (Plh Sekda sekarang/Kepala Bappedalitbang), Rodi Iskandar (Kepala Diskominfo/Plt Kepala Disdukcapil) dan Aida Lailawati (Kepala BKPSDM).

Hingga saat ini ketiga  nama  itu masih akan digodok dan dilaporkan oleh Panitia Tim Seleksi (Pansel) kepada Penjabat Bupati Bupati Kobar sampai ke Gubernur Kalteng, yang kemudian untuk dipilih salah satu di antaranya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kobar Aida Lailawati  menjelaskan, untuk calon Sekda Kobar sudah diumumkan, dan 3 nama itu yang menjadi kandidatnya.

Seperti diketahui, sejak Oktober 2022, jabatan Sekda yang tadinya dijabat oleh Suyanto, kemudian digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plh) Sekda Kobar Juni Gultom hingga saat ini. Kosongnya jabatan Sekda definitif banyak dipertanyakan oleh kalangan, terutama DPRD yang meminta segera dilakukan asesmen untuk jabatan Sekda definitif.

Akhirnya, pada masa kepemimpinan Pj Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi, barulah ada pengisian jabatan Sekda tersebut. Terkait seleksi calon Sekda ini, mendapat tanggapan baik dari berbagai kalangan, mengingat jabatan ASN paling tinggi tersebut selama ini dijabat oleh Plh sudah 1 tahun lebih pasca pencopotan Sekda definitif Suyanto oleh Pj Bupati Kobar pada masa Anang Dirjo.

Kini telah terjaring kandidat Sekda Kobar. Dari 3 calon yang telah mengikuti seleksi ketat, siapakah yang layak menjabat Sekda Kobar.

Adapun ke-8 nama pejabat di lingkup Pemkab Kobar yang bersaing menjadi calon Sekda dan mengikuti proses asesmen antara lain, Juni Gultom Kepala Bappedalitbang yang juga Plh Sekda sekarang, Tengku Alisyahbana Asisten 1 Setda Kobar, Syahrudin Asisten III Setda Kobar, M Hasyim Muallim Kepala Dinas PUPR, Amir Hadi Kepala Dishub, Aida Lailawati Kepala BKPSDM, Fitriyana Kepala DLH dan Rodi Iskandar Kepala Diskominfo.

Proses seleksi dimulai dari seleksi administrasi, tes kesehatan, kemudian dilanjutkan penyusunan makalah. Ada juga wawancara yang dijadwalkan tanggal 8 Januari 2024. Ke-8 orang ini berdasarkan data telah memenuhi syarat secara administrasi dan minimal berpangkat IV-b. c-uli