Pemkab Kobar Lelang 49 Areal Parkir

Amir Hadi Kepala Dinas Perhubungan Kobar

PANGKALAN BUN/TABENGAN.CO.ID- emerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan melelang puluhan areal parkir. Kebijakan tersebut sebelumnya juga telah disosialisasikan dengan melibatkan tokoh masyarakat, kolektor dan juru parkir, Kamis (25/1).

Kepala Dishub Kobar Amir Hadi mengatakan, untuk tahun 2024 target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir sebesar Rp5 miliar lebih, target tersebut sama di tahun 2023.

“Pada tahun 2023, realisasi pendapatan dari sektor retribusi parkir sebesar Rp2,3 miliar, dan tahun ini pun ada 49 titik areal parkir yang akan dilelang, 9 titik parkir khusus dan 40 titik parkir pinggir jalan. Untuk itu kami melakukan sosialisasi kepada tokoh masyarakat, pengelola parkir maupun petugas parkir, yang akan mengikuti lelang yang akan dilaksanakan Februari 2024 ini,” kata Amir.

Sosialisasi tersebut bertujuan agar bagi masyarakat yang berminat ikut serta dalam lelang, dipersilakan terlebih dahulu melihat titik-titik areal parkir dan potensinya.

“Pada prinsipnya, selain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, kegiatan pemungutan parkir ini pun diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi pengelola dan juru parkir, sehingga semua pihak harus diuntungkan, untuk itu sebelum menyampaikan penawaran dalam lelang terlebih dahulu dihitung dengan cermat, jangan ada pihak yang dirugikan,” jelasnya.

Dikatakan, pengelolaan parkir dengan cara lelang ini sudah berjalan selama tiga tahun. Bagi yang berminat ikut dalam lelang parkir harus menyerahkan penawaran, harus memilki rekening bank dan menyerahkan uang jaminan sebesar 25 persen dari harga slot yang akan ditawar.

“Pada prinsipnya areal parkir yang ada semuanya legal. Tim kami selalu melakukan patroli untuk menghindari terjadinya parkir ilegal itu, dan kami telah meminta kepada petugas parkir untuk mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, bukan sekadar mengejar target sehingga melupakan tugas utama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. c-uli