Pemkab Bina BPD Se-Kotim

BINA-Pemkab Kotim melalui DPMD setempat menggelar pembinaan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se Kotim Selasa (7/5/2024).ISTIMEWA

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat menggelar pembinaan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se Kotim Selasa (7/5/2024).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten I Setda Kotim Rihel yang juga didampingi Kepala DPMD Kotim Raihansyah di Aula Kantor DPMD Kotim.

Dalam sambutannya, Bupati Kotim Halikinnor yang dibacakan oleh Raihansyah mengatakan, pembinaan yang dilakukan menurutnya sebagai bagian dari komitmen  untuk memperkuat tata kelola pemerintahan di tingkat desa.

Dimana kehadiran BPD sangat strategis dalam mewujudkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. BPD adalah wadah utama di mana suara dan aspirasi masyarakat desa dapat didengar dan diwujudkan dalam berbagai kebijakan dan program. Dimana menurutnya acara pembinaan ini adalah kesempatan emas bagi  semua untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas dalam menjalankan tugas dan fungsi BPD.

“Melalui serangkaian kegiatan yang telah disusun, diharapkan para anggota BPD dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang peran strategis mereka dalam mengelola sumber daya desa dan mengawal pembangunan secara berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam konteks ini, lanjutnya, dirinya ingin menekankan pentingnya peran BPD sebagai mitra utama pemerintah kabupaten kotawaringin timur dalam mendorong pembangunan yang berbasis partisipatif dan berkelanjutan. BPD memiliki tanggung jawab untuk menyuarakan kepentingan masyarakat desa serta turut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan pembangunan di tingkat desa.

Apalagi menurutnya, semua menyadari bahwa tantangan yang dihadapi oleh desa-desa  sangatlah beragam. Oleh karena itu, sinergi antara pemerintah desa, BPD, serta berbagai pihak terkait sangatlah diperlukan guna mengoptimalkan pengelolaan potensi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Apalagi saat ini, pemerintah kabupaten kotawaringin timur terus berupaya untuk memberikan dukungan maksimal kepada seluruh desa melalui berbagai program dan kegiatan pembangunan. namun, kesuksesan implementasi dan dampak nyata dari setiap kebijakan sangat bergantung pada peran aktif dan efektif dari BPD.

“Saya mengajak seluruh kepala desa dan anggota bpd untuk terus meningkatkan koordinasi dan sinergi antar lembaga dalam mewujudkan visi bersama untuk desa-desa kita. Mari kita jadikan acara pembinaan ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam melayani masyarakat dan memajukan desa-desa kita,” pungkasnya. (MS)