Daihatsu Masih Tahan Harga Grand New Xenia

tabengan.co.id – Pasar Low Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan pasar yang panas di antara ramainya persaingan antar merek. Berbicara kontribusinya dari total pasar otomotif di Indonesia, mobil bertipe tersebut mencapai 24 persen. Tak heran berbagai produsen melakukan berbagai strategi khusus sebagaimana Daihatsu terhadap Xenia.

Demi mempertahankan pasarnya dan mencapai target penjualan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih mempertahankan banderolan Xenia baru. Padahal, mobil sudah mengalami beberapa ubahan mulai dari tampilannya dan juga fiturnya.

“Kalau dilihat dari perubahan yang ada seharusnya harga kan naik karena banyak terjadi improvement. Xenia ini tentunya kita seting harga seperti ini karena semata mata kita ingin kompetitif di pasar,” ujar Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso usai peluncuran Grand New Xenia di Daihatsu Astra Biz Centre, Tangerang, kemarin.

Grand New Xenia hadir dengan total 10 varian dengan harga mulai dari Rp 183,350,000 sampai Rp 228,950,000. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan harga Xenia akan mengalami perubahan ke depannya.

“Mengenai harga apakah akan naik atau tidak nantinya, ini tergantung pada competitiveness di pasar. Jadi kita melihat setidaknya pada saat ini waktu kita launching kita harus kompetitif, nah maka dari itu strategi yang paling tepat sekali adalah kita tidak menaikkan harga walaupun fiturnya naik,” lanjutnya.

Persaingan ketat di segmen mobil keluarga atau LMPV ini bermula dari kehadiran dua bersaudara Avanza-Xenia pada tahun 2004 silam. Dalam beberapa tahun setelahnya, muncullah pesaing baru yang juga bermain di segmen tersebut.

Namun pesona si kembar Avanza-Xenia tak pernah luput. Avanza misalkan yang terus-menerus menduduki sebagai mobil terlaris di Indonesia.

“Seperti yang diketahui, Low MPV adalah model paling favorit di Indonesia sehingga banyak pemain memasuki segmen ini mengikuti Xenia dan Avanza yang sudah ada sejak tahun 2004. Pada tahun 2004 hanya ada 2 merek, tetapi sekarang ada 7 merek yang bersaing di segmen ini,” ujar President Director of PT Astra Daihatsu Motor, Tetsuo Miura dalam kata sambutannya pada saat launching Grand New Xenia. d-com/tb-com