Kejurda Grasstrack Lintang Batang Seri III Kalteng 2019 Bakal Seru

SAMPIT/tabengan.com – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Seri III Kalimantan Tengah Grasstrack Lintang Batang 2019 yang digelar di Sirkuit Merdeka Lintang Batang Horti Farm Jalan Tjilik Riwut Km 79 Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu, 7-8 Desember ini, bakal berlangsung seru. Hal itu terlihat dari antusias pendaftar dan sirkuit yang menjadi lokasi perdana pergelaran Kejurda Seri III Kalteng.

Pelaksana Klub Cipta Mentaya Production, M. Hasbi Ashiddiqi mengatakan ada 13 kelas yang diperlombakan dalam event tersebut

“Para rider nantinya akan memperebutkan total uang pembinaan Rp70 juta ditambah trofi dan 1 unit motor Sport Viar untuk juara umum,” jelasnya kepada Tabengan, Jumat (6/12).

Sementara itu, Koordinator Wilayah (Korwil) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kotawaringin Timur (Kotim) Dedi Purwanto mengatakan, pada event kali ini pimpinan lomba dipegang oleh Hendra Tambang, kemudian untuk juri lomba dipercayakan kepada Bily Chumay, Wendy Rosfiandani dan M. Hasbi.

Kegiatan akan dimulai pada Sabtu (7/12) khusus pendaftaran peserta, scrutinering (pemeriksaan kelengkapan motor pembalap) dan latihan. Kemudian Minggu (8/12) full akan dilaksanakan race dan pembagian hadiah juara.

“Kita berharap event ini dapat membantu Korwil IMI Kotim mencari bibit-bibit atlet berkualitas untuk disiapkan sebagai atlet Porprov yang akan dilaksanakan di Kotim pada 2021 mendatang,” tuturnya.

Dijelaskan, Sirkuit Merdeka Lintang Batang Horti Farm merupakan sirkuit baru yang dibangun di tepi kebun buah dan dirancang menjadi pelengkap Agrowisata Kebun Buah Lintang Batang Horti Farm.

Keberadaan sirkuit berawal dari pertemuan dirinya dengan owner Lintang Batang Horti Farm Iwan Kusnandar dan Basuki Rahmat pada Juli 2019. Saat itu tercetuslah ide untuk pembangunan sirkuit grasstrack di lahan kebun buah. Juga disepakati penamaan sirkuit, yakni Sirkuit Merdeka Lintang Batang Horti Farm karena bertepatan dengan bulan kemerdekaan RI pada Agustus. Penggarapan sirkuit yang berlokasi sekitar 2 jam dari Kota Sampit itu mulai dilaksanakan sekitar Agustus 2019.

“Setelah selesai sirkuit setiap hari Sabtu dan Minggu dipenuhi oleh pecinta olahraga grasstrack, maka ide pun berkembang untuk mengadakan event sungguhan dan disepakatilah kegiatan Kejurda ini,” terangnya.

Di area ini juga, lanjutnya, sedang dibangun fasilitas penunjang lainnya seperti wahana permainan untuk anak-anak, kuliner, ruang meeting, balai serba guna, panahan, tempat pelatihan, sebagai pengembangan dari warung yang menjual minuman buah segar, dan makanan olahan lainnya.

Hal itu sejalan dengan keinginan owner dari Lintang Batang Horti Farm yang mempunyai misi membangun kepedulian terhadap tanaman di kalangan pecinta otomotif untuk penghijauan dengan motto Hijaukan Bumi Kalimantan. c-may