Ratusan Tenaga Kontrak di Kotim Terancam Dihapus

KURANGI HONORER-Bupati Kotim Halikinnor ketika berbincang dengan anggota DPRD Kotim Senin (19/6/2022)

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) akan segera melakukan seleksi dan evaluasi untuk seluruh tenaga kontrak (tekon) di wilayah ini.

Bupati Kotim Halikinnor berencana akan memangkas sekitar 500 sampai 700 tekon dari 3.200 an jumlah tekon di Kotim sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang akan menghapuskan tekon di tahun 2023.

“Ini memang sudah aturan dari pusat, namun saya tidak memangkas seluruhnya karena kondisinya kita sendiri memang masih membutuhkan mereka terutama untuk tenaga pendidik dan kesehatan di desa,” ujarnya, Senin (19/6/2022).

Untuk itu menurutnya, solusi yang akan diambil dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar seleksi untuk para tekon. Nantinya para tekon yang tidak sesuai spesifikasi dan juga penilaian kinerja yang kurang baik dengan terpaksa tidak akan diperpanjang masa kontraknya.

“Saya minta maaf nanti bagi tekon yang hasil evaluasi kinerjanya tidak memenuhi kompetensi maka tidak bisa diperpanjang, karena kita disini berbicara bukan keinginan tapi kebutuhan,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala BKPSDM Kotim Komarudin Makaleppu mengatakan jika pelaksanaan seleksi untuk tekon masih belum diketahui kapan akan dilaksanakan. Karena pihaknya masih menunggu jadwal pelaksanaan seleksi untuk tekon di Kotim.

“Rencana dalam waktu dekat, kita tunggu jadwalnya saja,” ucapnya. (C-May)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.