Teras Hadiri Sidang III Majelis Sinode GKE di Kasongan

TABENGAN/ARIS MUNANDAR BERSAMA- Wakil Ketua Majelis Sinode GKE Teras Narang bersama pengurus lainnya saat menghadiri Sidang III Majelis Sinode GKE di Gedung Serbaguna Salawah, Kasongan, Katingan, Kamis (21/9) pagi.

KASONGAN/TABENGAN.CO.ID Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Agustin Teras Narang dan Bupati Katingan Sakariyas hadiri Sidang III Majelis Sinode GKE tahun 2023 se-Kalimantan, di Gedung Serbaguna Salawah, Kasongan, Kabuaten Katingan, Kamis (21/9) pagi.

“Kegiatan ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Kalau tahun 2022 lalu dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau, dan yang sedang berjalan ini, kita laksanakan di Kasongan, Kabupaten Katingan,” kata Teras Narang kepada wartawan di Kasongan.

Dijelaskannya, adapun maksud dari kegiatan ini untuk persiapan membuat perencanaan program kegiatan di tahun 2024 mendatang. Untuk menentukan persiapan program di tahun 2024 mendatang, tentunya harus dilihat dulu kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan pada 2023 ini.

Menurutnya, jika ada yang masih belum dilaksanakan program pada tahun 2023 ini, maka akan dibuat lagi kegiatannya di program tahun 2024 mendatang bersamaan dengan pembuatan program yang baru.

Terkait dengan sidang III yang sedang dilaksanakan, menurutnya, dihadiri oleh pengurus GKE dari beberapa provinsi se-Kalimantan. Bahkan ada tambahan dari DKI Jakarta, Solo, Surabaya dan Bogor. Sedangkan sejumlah program yang dibicarakan dalam sidang III ini, di antaranya tentang pendidikan, kesehatan, perkembangan sejumlah tempat ibadah gereja, utamanya yang di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Pasalnya GKE memiliki tanah di IKN tersebut, sehingga bagaimana pun yang namanya GKE ,itu merupakan salah satu tugas dari GKE dalam rangka untuk berperan serta dalam pembangunan IKN. “Karena IKN letaknya di Pulau Kalimantan,” ujarnya.

Teras menambahkan, khusus untuk dunia pendidikan, GKE memiliki Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Universitas atau Perguruan Tinggi.

“Semua tempat pendidikan ini selain ada di Kota Palangka Raya (Kalteng), juga di Kota Pontianak (Kalbar),” tutur Anggota DPD RI asal Kalteng ini.

Sedangkan kesehatan tempatnya ada dua, yaitu di Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau dan Kota Palangka Raya, yang saat ini hanya berstatus Klinik Pratama.

Ke depannya, imbuh Teras, GKE berkeinginan membangun Rumah Sakit (RS) GKE. Rencananya akan dibangun di Kota Palangka Raya. Sementara dananya akan dihimpun dari sejumlah donatur para jemaat dan lain sebagainya.

“Harapan ke depan, lanjutnya, GKE ingin berkiprah, dan yang pertama tempatnya di IKN,” terang mantan Gunernur Kalteng dua periode ini.

Di tempat yang sama, Bupati Katingan Sakariyas mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada semua peserta, juga sangat mendukung digelarnya kegiatan Sidang III Majelis Sinode GKE tahun 2023 di Kabupaten Katingan ini.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan dan atas nama pribadi, kata Sakariyas, dirinya memberikan fasilitas untuk menggelar kegiatan ini, baik sarana maupun prasarananya.

“Memang benar, apa yang dikatakan Pak Teras Narang bahwa kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah untuk mengevaluasi kegiatan di tahun lalu dan akan merencanakan program dan kegiatan di tahun 2024 mendatang,” kata orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei, seraya berharap kegiatan ini berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan yang terbaik untuk GKE ke depannya. c-dar