Palangka Raya United Juara Piala Soeratin U15

FINAL - Aksi pemain muda Palangka Raya United vs Sylva Kalteng pada Final Piala Soeratin U15 di Stadion Tuan Pahoe, Palangka Raya, Jumat (12/1). TABENGAN/YULIANUS

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID-Laga sengit terjadi pada partai final Piala Soeratin U15 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah antara Tim Palangka Raya United melawan Tim Sylva Kalteng di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Jumat (12/1).

Sejak awal kedua tim memang menjadi tim unggulan pada turnamen ini dan banyak yang memprediksi salah satu tim akan menjadi juara pada ajang tahunan ini. Jadi bisa dikatakan bahwa ini merupakan partai final yang ideal.

Sebelumnya kedua tim ini sudah pernah bertemu pada babak penyisihan grup dan kala itu Palangka Raya United yang berhasil mencuri kemenangan sehingga menjadi juara grup.

Babak pertama berjalan dengan tempo yang sangat cepat. Kedua tim langsung memperlihatkan pola permainan yang sama-sama menyerang. Seakan tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama, Tim Sylva Kalteng langsung tancap gas.

Baru berjalan menit ke-4 pemain bernomor punggung 8 berhasil merobek gawang dari Tim Palangka Raya United. Jual beli serangan terjadi selepas gol cepat tercipta, namun lagi-lagi memanfaatkan kelengahan penjaga gawang Palangka Raya United, pemain Sylva Kalteng dengan nomor punggung 9 berhasil mencetak gol spektakuler dari jarak yang cukup jauh pada menit 23. Skor 2-0 untuk keunggulan Sylva Kalteng bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, tertinggal 2-0 tidak membuat Palangka Raya United patah semangat, serangan bertubi-tubi dilancarkan untuk mengejar ketertinggalan defisit 2 gol. Alhasil pada menit 32 bek dari Sylva Kalteng melakukan handsball di dalam kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Dengan tenang pemain Palangka Raya United bernomor punggung 10 berhasil mencetak gol memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1.

Tak lama beselang kembali pada menit 40 kesalahan yang sama terjadi dilakukan oleh bek dari Sylva Kalteng, handsball di dalam area kotak penalti memaksa wasit kembali menunjuk titik putih. Kembali pemain bernomor punggung 10 Palangka Raya United mengeksekusi penalti dengan tenang sehingga berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Palangka Raya United berhasil menguasai jalannya pertandingan sebaliknya Sylva Kalteng yang sempat unggul malah terlihat tertekan. Memanfaatkan situasi tersebut Palangka Raya United tidak mau menyia-nyiakan kesempatan. Berawal dari serangan dari sisi kiri kembali pemain bernomor punggung 10 berhasil mengirim bola ke sudut kiri penjaga gawang Sylva Kalteng pada menit 44. Palangka Raya United berbalik unggul 3-2 atas Sylva Kalteng dan itu menjadi gol terakhir yang tercipta pada laga final.

Dengan hasil ini, Palangka Raya United berhak menyadang predikat juara Piala Soeratin U15 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan akan mewakili Kalimantan Tengah berlaga di Piala Soeratin Tingkat Nasional yamg akan diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah. nus