Pemkab Kotim Petakan Isu Strategis Nasional dan Daerah

Bupati Kotim Halikinnor

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim) memetakan sejumlah isu strategis nasional dan daerah untuk mampu menjawab permasalahan pembangunan khususnya di tahun 2025 mendatang.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan beberapa isu strategis tersebut antara lain permasalahan penanggulangan kemiskinan, penurunan stunting, pengendalian inflasi, akses dan layanan dasar pendidikan dan kesehatan hingga pembangunan infrastruktur.

“Mengacu dengan isu strategis tersebut maka memperhatikan prioritas pembangunan nasional dan Provinsi serta berpedoman pada RPJMD Kabupaten maka tema pembangunan tahun 2025 yakni penguatan ekonomi melalui percepatan pembangunan infrastruktur ,ketahanan pangan  ,” Rabu (17/4/2024).

Terkait penanggulangan kemiskinan, lanjutnya berdasarkan data tahun 2022 angka kemiskinan di Kotim sebesar 5,95 persen. Angka tersebut turun menjadi 5,96 persen pada tahun 2023 atau turun 0,26 persen dengan jumlah penduduk miskin 26.570 orang.

Saat ini menurutnya penurunan kemiskinan menjadi isu penting yang menjadi perhatian khusus pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dimana sesuai arahan Presiden RI Pemkab diminta agar melaksanakan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di wilayahnya masing-masing yang ditargetkan sebesar 0 persen. Kemudian untuk penurunan stunting, berdasarkan data e-PPGBM untuk prevalensi stunting Kabupaten Kotim tahun 2022 sebesar 22,6 persen dan mengalami penurunan pada tahun 2023 menjadi 18,4 persen.

“Tentu penurunan prevalensi stunting ini cukup melegakan kita . Namun hal ini masih menjadi tugas berat mengingat Pemerintah menargetkan seluruh Kabupaten menurunkan prevalensi stunting sebesar 14 persen pada tahun 2024 ini,” tuturnya.(MS)