Komitmen, Pemkab Pulpis Bangun Perpustakaan Daerah 3 Lantai

Kabid Cipta Karya Micky Prasetia

PULANG PISAU\TABENGAN.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau (Pulpis) mulai membangun gedung perpustakaan daerah di eks Rumah Pintar (Rumpin), tepatnya berdampingan dengan bangunan Mall Pelayanan Publik (MPP), pertigaan Jalan Oberlin Metar – Jalan Panunjung Tarung, Kecamatan Kahayan Hilir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pulpis Usis I Sangkai melalui Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya (CK) Micky Prasetia mengatakan, gedung perpustakaan nantinya di bangun tiga lantai, dan pembangunan ini bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan literasi masyarakat.

“Seperti apa yang disampaikan oleh ibu Pj. Bupati, gedung perpustakaan ini untuk mendorong minat baca dan literasi masyarakat, maka kita bangun gedung perpustakaan empat lantai yang sangat representatif,” katanya.

Pembangunan gedung perpustakaan yang baru ini, kata Miky, dirancang dengan fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya sebagai media belajar, cafee, dan fasilitas-fasilitas perpustakaan yang dirancang ramah anak, orang lanjut usia, dan penyandang disabilitas.

“Nantinya juga akan bangun fasilitas penunjang lainnya, di antaranya taman, dan juga dirancang pembangunan yang lainnya di sekitar gedung, sehingga membuat pengunjung lebih nyaman,” beber Miky.

Pemerintah Kabupaten Pulpis, kata Miky, menargetkan pembangunan gedung perpustakaan daerah rampung di akhir 2025 mendatang. Dimana pengerjaan bangunan gedung perpustakaan ini di bangun secara bertahap, dengan kemampuan keuangan daerah setempat.

Lebih lanjut, tambah Miky, bahwa penggunaan masing-masing lantai di gedung perpustakaan daerah sudah dirancang sesuai fungsi dan kebutuhan, “Intinya bahwa, bangunan perpustakaan daerah juga dirancang sebagai titik kumpul dan tempat wisata edukasi bagi masyarakat kita,” bebernya.

Tentunya, tambah Miky, kita berharap pembangunannya berjalan dengan lancar dan pembangunan gedung perpustakaan daerah ini tentu saja bagian dari bentuk komitmen pemerintah dalam mencerdaskan anak-anak di daerah yaitu di Bumi Handep Hapakat. c-mye