Bupati Cek Kondisi Depo Sampah Jalan Pelita

CEK-Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengecek kondisi depo sampah yang ada di Jalan Pelita Sampit Senin (22/4/2204).(TABENGAN/SELVIA)

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengecek kondisi depo sampah yang ada di Jalan Pelita Sampit Senin (22/4/2204). Dirinya langsung melihat kondisi depo sampah yang dikeluhkan warga sekitar atau pengendara yang lewat karena mengeluarkan bau sampah yang sangat menyengat. Diakuinya di depo tersebut ada bagian bangunan yang mengalami kerusakan seperti kondisi jalan masuknya.

“Ini pengaruh karena sampah karena sampah rumah tangga macam-macam jenisnya mengandung bahan kimia dan lainnya. Sehingga amblas rusak padahal sudah dicor tetapi di samping itu juga ada alat berat ini juga berpengaruh karena hampir tidak bisa dilewati ,” ujarnya

Hal ini kata Halikinnor ,sebenarnya ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) setempat namun anggaran untuk penanganan tersebut  tidak tersedia. Menurutnya dirinya sudah meminta kepada Dinas Bina Marga untuk menggunakan dana yang tersedia, siapa minggu ini bisa dikerjakan perbaikan di lokasi. Sehingga  kendaraan pengangkut sampah atau truk mengambil sampah mudah masuk ke dalam .

“Jangan sampai lama sampah mengendap langsung diangkut ke TPA karena baunya sudah mencemari kondisi sekitar. Dua depo yang menjadi sorotan dan keluhan warga saat ini yakni di MT Haryono dan juga di samping bangunan SMP 3 Sampit, “katanya.

Untuk itu dirinya menargetkan di tahun mendatang, dua depo sampah tersebut sudah dapat mengolah sendiri sampahnya, atau minimal mengurangi dan sisanya masih dikirim ke TPA. (MS)