KPU Gelar Sosialisasi Pengembalian Dana Kampanye Parpol

TABENGAN/JEVI SOSIALISASI-Ketua KPU Kota Palangka Raya Joko Anggoro foto bersama disela sosialisasi pengembalian dana kampanye partai politik, Kamis (25/4).

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya mensosialisasikan pengembalian sisa saldo dana kampanye pasca penutupan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) Partai Politik tingkat Kota Palangka Raya.

Ketua KPU Palangka Raya Joko Anggoro mengatakan, kegiatan itu digelar menanggapi adanya kebingungan dari partai politik terkait sisa saldo yang ada di dalam rekening.

“Sosialisasi yang dilakukan hari ini agar partai politik tidak perlu lagi bertanya-tanya mengenai sisa saldo yang ada di dalam rekening. Kita sudah menyiapkan mekanisme pengembalian yang sesuai,” kata Joko, Kamis (25/4).

Menurutnya, sisa saldo di rekening RKDK akan dikembalikan kepada masing-masing partai politik setelah proses penutupan rekening. Hal itu juga seiring dengan aturan yang ditetapkan KPU, bahwa seluruh sisa saldo di rekening yang tidak digunakan selama kampanye harus dikembalikan kepada partai politik.

“Sudah sesuai dengan aturan yang ada, semua sisa saldo selama kampanye harus dikembalikan kepada partai politik. Oleh karena itu, saya berharap partai politik dapat memahami dan mengikuti aturan tersebut,” tuturnya.

Selain itu, Joko juga mengingatkan, partai politik harus bersikap transparan mengenai sisa saldo yang ada di rekening tersebut. Hal ini penting agar tercipta keterbukaan dan akuntabilitas dalam mendukung integritas dan demokrasi di Indonesia.

Tidak hanya sosialisasi pengembalian sisa saldo RKDK, pihaknya juga akan mengadakan evaluasi dan refleksi terkait pemilihan umum tahun 2024 di Kota Palangka Raya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk evaluasi dari pelaksanaan Pemilu sebelumnya, dan juga sebagai upaya KPU untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Pemilu mendatang.

“Evaluasi dan refleksi ini penting dilakukan sebagai bagian dari pembelajaran dan penyempurnaan proses pemilihan umum ke depannya. Kami berharap dapat lebih baik lagi dalam menyelenggarakan pemilu berikutnya,” pungkasnya. jef