Razak, Perdie, SHD Daftar Pilgub

TABENGAN/JEVI/RAHUL BACAGUB-Abdul Razak mendaftar sebagai Bakal Calon Gubernur Kalteng ke Partai Gerindra, PKB dan Perindo, Perdie M Yoseph menyerahkan berkas pendaftaran Bacawagub kepada Ketua Umum DPD PDIP Kalteng Arton S Dohong di kantor DPD PDIP Kalteng, Supian Hadi menyerahkan berkas pendaftaran Bacagub Kalteng kepada Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto, di kantor DPD PDIP, Senin (6/5).

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Ketua Dewan Pertimbangan DPD Golkar Kalteng H Abdul Razak terus mempertajam persiapannya untuk maju sebagai Calon Gubernur di Pilgub Kalteng 2024 dengan mendaftarkan diri di beberapa parpol besar, termasuk Partai Gerindra, Perindo dan PKB, Senin (6/5).

Partai ke 5 yang didaftar, saat datang ke DPD Gerindra Kalteng, Razak disambut Sekretaris Gerindra Kalteng Agus Pramono berserta jajaran, sekaligus menyerahkan berkas pendaftaran.

Razak memberikan alasan mengapa mendaftar di Gerindra, karena koneksi baik antara Gerindra dan Golkar yang terjalin sejak bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

“Di samping itu tidak ada masalah, yang penting kita bersaudara. Selama ini pun kita berhubungan cukup baik mulai dari pusat kita bersatu di Koalisi  Indonesia Maju, Golkar mendukung Presiden dari Gerindra. Mudah-mudahan Pemilihan Gubernur ini Gerindra mendukung Calon Gubernur dari Golkar,” kata Razak, Senin (6/5).

Meskipun Golkar telah memperoleh 8 kursi di DPRD Kalteng, Razak mengaku akan mendaftar ke semua partai. Menurutnya, kebersamaan dengan partai mana pun akan lebih baik untuk memenangkan Pilgub Kalteng.

“Meski Golkar sudah memperoleh 8 kursi, tinggal 1 kursi, tetapi tidak ada masalah kami akan terus mendaftar hampir ke semua partai,” ujarnya.

Razak menuturkan, dengan itikad bersama-sama partai lain untuk menatap ke depan, agar Kalteng ini ke depan lebih baik lagi, termasuk dengan Gerindra.

“Saya meyakini kebersamaan itu lebih baik dan kalau kita bergabung dengan partai lain untuk berkoalisi, saya kira itu hal yang baik dan dipastikan akan bertambah kuat dalam menjelang Pilkada 2024,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Gerindra Kalteng Agus Pramono menyampaikan, pihaknya akan terbuka untuk menerima siapa pun yang ingin mendaftar di partai Gerindra.

“Beliau adalah putra bangsa yang terbaik kebetulan beliau mendaftar ke Gerindra, kami selalu terbuka bagi yang mau mendaftar,  termasuk dari Partai Golkar, beliau sudah menyerahkan berkas pendaftaran dengan kita artinya beliau sudah mendaftar,” ucapnya.

Namun, ia menegaskan rekomendasi ke pusat akan diberikan hanya jika terdapat kesamaan visi, misi dan tujuan dengan Gerindra.

“Insya Allah nanti kita verifikasi dan seleksi datanya, ketika beliau ada kesamaan tentang visi misi dan tujuan dengan partai Gerindra insya Allah kita akan rekomendasi ke pusat,” tukasnya.

Di partai ke 5, Ketua DPW Perindo Kalteng Senkon mengatakan pihaknya menaruh harapan dengan Golkar, termasuk yang diusung Partai Golkar untuk Calon Gubernur adalah H Abdul Razak.

“Kami mengetahui sepak terjang pak Razak sudah mempuni,  pengalaman di birokrasi, legislatif serta kedekatan dengan masyarakat dan partai politik tidak diragukan lagi karena itu menjadi harapan kita semua,” ucapnya.

Namun, pihaknya akan menyerahkan pendaftaran ke DPP Pusat untuk dilakukan penggodokan.

“Karena kami tidak ada kewenangan, maka kami akan serahkan berkas calon ke DPP Perindo,” terangnya.

Sementara itu, di kediaman DPW PKB Habib Ismail Bin Yahya, Razak langsung disambut Ketua DPW, bertepatan dengan kehadiran Perdie M Yoseph yang lebih dahulu menyambangi kantor DPW PKB .

Habib mengapresiasi langkah Razak yang sudah mendeklarasikan diri sebagai Bakal Calon Gubernur Kalteng sejak beberapa tahun yang lalu.

“Saya mengapresiasi langkah Pak Razak dari tahun sebelumnya mendeklarasikan untuk menjadi Calon Gubernur,” kata Habib.

Ia sangat berharap Razak bisa menjadi pemimpin yang baik di Kalteng dan meyakini akan bisa membina masyarakat Kalteng, mempersatukan dengan segala perbedaan yang ada.

“Saya yakin beliau bisa menjadi arif dan bijaksana jika jadi gubernur Kalteng,” ungkapnya.

Namun, terkait dengan pendaftaran Razak di PKB, pihaknya akan menyerahkan keputusan ke pengurus pusat dan akan dilakukan 7 tim survei.

“Kami akan serahkan pendafataran yang datang ke sini ke DPP PKB termasuk berkas milik Pak Razak dan akan dilakukan survei selama 2 bulan,” tegasnya.  Sebelumnya Razak sudah mendaftarkan diri ke PDIP, Nasdem, PKS dan PAN.

Perdie M Yoseph

Mantan Bupati Murung Raya 2013-2023 Perdie Midel Yoseph resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) di kantor DPD PDIP Kalteng, Jalan Soekarno, Senin (6/5).

Perdie beserta rombongan diterima langsung Ketua Umum DPD PDIP Kalteng Arton S Dohong dan sejumlah pengurus. Perdie menegaskan, ia mendaftar di PDIP bukan sebagai Bakal Calon Gubernur (Bacagub) melainkan sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Kalteng.

Perdie menuturkan, mengapa ia mendaftar sebagai Bacawagub bukan sebagai Bacagub, karena sudah memikirkan dan melihat setiap peluang yang ada.

“Jadi ini sudah kami perhitungkan dan sudah kami lihat dan pikirkan bersama keluarga dan kerabat bahwa memang yang paling pas untuk saya mendaftar adalah sebagai Bacawagub bukan Bacagub Kalteng,” terangnya.

Mengenai kriteria calon pendamping yang pas untuk berpasangan, Perdie mengatakan bahwa ia cocok dengan siapa pun Bacagub yang ada dan siap berpasangan dengan siapa pun yang dinilai pas dan memeperoleh dukungan.

“Jadi kalau pasangan itu kami rasa kami semua cocok dengan siapa pun yang penting adalah Bacagubnya itu harus berkomitmen untuk kepentingan dan memajukan Kalteng lebih baik lagi ke depan,” jelasnya.

Perdie juga mengatakan, usai mendaftar di DPD PDIP Kalteng, akan mendaftar di DPD Partai Golkar, lalu DPD Partai Gerindra, DPW Partai NasDem dan DPW PKB Kalteng.

“Jadwal hari ini (6/5) ada 5 partai yang konfirmasi untuk kami mendaftar dan besok (7/5) kami juga akan daftar di beberapa partai, baik dari DPW PAN Kalteng, DPW PKS Kalteng dan DPW Perindo Kalteng,” pungkasnya.

Supian Hadi

Mantan Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) 2 periode Supian Hadi (SHD) juga resmi mendaftarkan diri sebagai Bacagub Kalteng di DPD PDIP Kalteng, Senin. SHD tiba di DPD PDIP pukul 08.40 WIB, ditemani adiknya Wakil Bupati Kotim Irawati dan anaknya Monika Latifah Monawarah.

Penyerahan berkas pencalonan SHD itu diterima oleh Sekretaris DPD PDIP Kalteng Sigit K Yunianto di sekretariat PDIP Jalan Soekarno Palangka Raya. SHD mengatakan, ia mendaftar di partainya sendiri PDIP untuk bisa menjadi calon Gubernur Kalteng periode 2024-2029.

“Sebagai petugas partai, saya menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri untuk memilih kader terbaik yang akan diusung di Pilgub Kalteng nantinya,” kata SHD kepada Tabengan usai mendaftar.

SHD berharap Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bisa memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk maju sebagai Calon Gubernur Kalteng nantinya.

Sementara Sigit K Yunianto menyampaikan, berkas pendaftaran SHD sebagai Bacagub Kalteng akan disampaikan ke DPP PDIP di Jakarta.

“Semua berkas pendaftaran Bakal Calon Gubernur akan kita bawa ke DPP PDIP, jadi nanti yang memutuskan adalah Ketua Umum ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Sigit. rmp/jef