Pemprov Kalteng Usulkan 1.150 Formasi ASN

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pada 2019 ini, pemerintah kembali melakukan penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah mengulkan sebanyak 1.150 formasi ASN.

Dari 1.150 formasi ASN yang diusulkan tersebut, CPNS sebanyak 345 formasi dan PPPK 805 formasi. Sedangkan dari 1.150 formasi tersebut, untuk tenaga pendidikan sebanyak 790 formasi, tenaga kesehatan 215 formasi, tenaga teknis dan tenaga administrasi 145 formasi.

“Kita diminta untuk merekap dulu (kebutuhan formasi ASN), karena memang surat (Surat Edaran Menpan-RB tentang pengadaan ASN 2019) baru diterima. Nanti kita akan mengusulkannya,” ujar Sekreteris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, di Palangka Raya, baru-baru ini.

Dalam pengusulan formasi ASN tersebut, ujar Fahrizal, pihaknya akan mempertimbangkan berapa jumlah ASN di lingkup Pemprov Kalteng yang purna tugas tahun ini dan juga jumlah penerimaan PPPK.

Lebih lanjut Fahrizal mengatakan dalam penerimaan ASN tahun ini, pihaknya tetap mendorong kebutuhan-kebutuhan yang mendasar, seperti untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Sedangkan untuk tenaga teknis, akan dilihat berdasarkan hasil pemetaan kebutuhan pegawai.

“Nanti juga akan ada untuk lowongan tenaga teknis, namun nanti jumlahnya akan melihat pemetaan kita. Kalau berdasarkan hasil pemetaan kita masih kurang untuk jabatan dengan keahlian tertentu, akan kita usulkan,” ungkapnya.

Terpisah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalteng Katma F Dirun mengatakan, tahun ini pemerintah kembali melakukan penerimaan ASN, yaitu penerimaan CPNS dan PPPK. Sesuai dengan PermenPAN-RB, bahwa kuota penerimaan ASN secara nasional tahun 2019 ini, yaitu sebanyak 425 ribu, se-Indonesia.

Untuk itu, Pemprov Kalteng sudah menyiapkan usulan formasi ASN tersebut dan Sabtu, 15 Juni 2019, sudah diusulkan melalui e-Formasi dan Senin, 17 Juni 2019, fisik usulan formasi ASN tersebut akan disampaikan ke Menpan-RB.

Sedangkan usulan formasi ASN Pemprov Kalteng tahun 2019/2020 yang diusulkan yaitu sebanyak 1.150 formasi, terdiri dari CPNS 345 formasi dan PPPK 805 formasi. “Itu formasi yang diusulkan untuk tahun 2019/2020,” ujarnya.

Namun kebutuhan ASN Pemprov Kalteng sampai tahun 2022 atau 3 tahun ke depan, yaitu mencapai 5.862 ASN. “Mengingat 5 tahun ke belakang terjadi moratorium penerimaan ASN, sehingga kebutuhan ASN ini cukup banyak, namun kita juga memerhatikan keadaan anggaran,” ujarnya. dkw