Siswa SMKN 2 Kunjungi Tabengan

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sebanyak 35 siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Palangka Raya Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, berkunjung ke Kantor Harian Umum Tabengan di Jalan Adonis Samad, Palangka Raya, Rabu (23/10).

Kunjungan industri ini dilaksanakan demi meningkatkan wawasan para siswa tentang keadaan di dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu, agar mereka lebih siap dalam menghadapi dunia pekerjaan setelah lulus sekolah. Apalagi SMK merupakan sekolah yang mencetak tenaga-tenaga siap kerja.

Pemilihan HU Tabengan sebagai lokasi kunjungan industri SMKN 2 ini ditanggapi positif oleh Pemimpin Umum HU Tabengan Andrey L. Narang. Ia menyampaikan apresiasi kepada SMKN 2 karena telah memercayakan Tabengan sebagai lokasi pembelajaran siswa-siswi dari Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran.

“Saya rasa cukup bagus ya mereka memilih Tabengan sebagai kunjungan studi. Karena mereka bisa melihat bagaimana Tabengan itu berproduksi dan bagaimana cara kerja perusahaan media koran. Mereka juga tadi menanyakan bagaimana prospek ke depannya perusahaan media dan bagaimana cara mengatur perusahaan ini. Jadi saya sudah jelaskan bahwa mengatur perusahaan media itu tidak gampang,” ujar Andrey.

Andrey berterima kasih kepada SMKN 2 karena telah memilih Tabengan sebagai lokasi kunjungan industri. Tabengan terbuka bagi mereka apabila ke depannya ingin menempatkan siswa-siswinya melakukan praktik kerja lapangan (PKL) di kantor media cetak lokal kebanggaan warga Kalteng ini.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB, diisi dengan pemberian materi oleh Divisi Iklan, Sirkulasi, Umum dan HRD, Cetak, Redaksi, serta Lay-out. Masing-masing manajer dari divisi bersangkutan secara langsung menyampaikan materi kepada siswa-siswi SMKN 2 tersebut.

Usai penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diikuti penuh antusias para siswa. Mereka berlomba-lomba mengajukan pertanyaan terkait hal-hal teknis bisnis media koran.

Acara ditutup dengan penyerahan cenderamata dari SMKN 2 kepada Tabengan dan tour khusus kepada siswa-siswi mengelilingi seisi kantor Tabengan.

Wakil Humas SMKN 2 Palangka Raya Theresia mengatakan, alasan mereka memilih Tabengan sebagai lokasi kunjungan industri karena mereka ingin siswa-siswinya mengetahui proses kerja pada bisnis media koran.

“Bisnis media sekarang ini kan termasuk bisnis yang perkembangannya pesat, karena media dibutuhkan oleh masyarakat luas. Selain itu, kami juga ingin galakkan literasi membaca kepada siswa-siswi kami. Memang melalui Tabengan, setelah melihat proses pembuatan media ini dapat memotivasi mereka dan meningkatkan minat baca siswa-siswi,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan diadakannya kunjungan ke Tabengan, mereka bisa kenal lebih dekat dengan pihak manajemen Tabengan, dengan harapan siswa-siswi SMKN 2 dapat magang kelak di Tabengan. Sehingga dapat menarik minat kerja mereka karena SMK outputnya tenaga siap kerja.

Theresia menyampaikan, semoga ke depannya akan ada kerja sama yang harmonis antara Tabengan dan dunia pendidikan, khususnya SMKN 2. Kerja sama itu bukan hanya sekadar datang sebagai tamu untuk kunjungan industri, tetapi bermitra lebih dekat lagi.

“Terus terang, kami sangat bangga atas sambutan dari Tabengan, bahkan sampai Bapak Andrey Narang selaku Pemimpin Umum Tabengan dapat hadir secara pribadi pada kegiatan ini beserta para manajer-manajer yang ada. Untuk itu kami sangat berterima kasih dan ke depannya semoga Tabengan semakin jaya, semakin maju di dunia media informasi,” tutupnya. bob