Warga Dukung Marukan Dampingi Nadalsyah

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, akan dihelat pada 2020. Sejumlah nama besar sudah santer disebut-sebut di kalangan masyarakat. Seperti Bupati Barito Utara H. Nadalsyah dan mantan Bupati Lamandau Marukan Hendrik. Nadalsyah dan Marukan dianggap pasangan yang tepat untuk memimpin Kalteng periode 2020-2024.

Nadalsyah yang kini menjabat sebagai Bupati Barut periode kedua adalah Ketua DPD Partai Demokrat Kalteng. Sementara Marukan merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Lamandau. Di kalangan akar rumput bahkan sudah mulai merapatkan barisan. Mereka menamakan diri Sahabat Syahkan, yang merupakan akronim dari Nadalsyah-Marukan.

Seperti yang diungkapkan Hari Natalius, warga Kuala Kapuas. Hari mengaku sangat tahu sepak terjang Marukan Hendrik. “Saya kenal beliau sejak beliau masih menjadi dosen UPR. Merupakan tipe orang ulet dan pekerja keras, sehingga bisa memimpin Lamandau dua periode dengan sukses. Hasil pembangunan dapat dirasakan masyarakat saat ini,” kata Hary, Kamis (28/11).

Hari juga mengenal Marukan sebagai sosok seorang pemerhati budaya dan kearifan lokal, berjiwa sosial tinggi. “Beliau mampu mengangkat dan mengubah wajah Ibukota Lamandau sebagaimana yang ada sekarang ini. Kedisiplinan kerja para ASN (aparatur sipil Negara) juga lebih baik. Banyak ASN yang diberi kesempatan belajar S2 dan S3, dalam upaya meningkatkan SDM. Saya ingat motto beliau “Disiplin dari diri sendiri”. Sebab itu saya yakin, beliau figur yang cocok untuk memimpin Kalteng,” pungkas Hari.

Hal senada diungkapkan H. Ahmad Sayuti, salah satu tokoh akar rumput kerukunan Banjar di Palangka Raya. H. Sayuti menegaskan, barisan masyarakat akar rumput keluarga Banjar yang ada di Palangka Raya siap memberikan dukungan kepada pasangan Nadalsyah-Marukan. “Ini aspirasi dari bawah, dari masyarakat akar rumput yang disampaikan kepada kami. Masyarakat akar rumput ingin perubahan, karena selama ini belum tersentuh,” kata H. Sayuti didampingi H. Farid Husain, kemarin.

Kedua tokoh Banjar di Palangka Raya ini, mengaku siap memperjuangkan kemenangan Nadalsyah-Marukan, jika pasangan ini diusung oleh partai politik. “Pak Koyem (sebutan Nadalsyah) mewakili timur (Kalteng), pak Marukan dari barat. Pak Koyem mewakili Muslim, pak Marukan mewakili Nasrani, pasangan yang sangat pas,” tambah H Farid.

Sementara tokoh pemuda Kasongan, Yulius Dony, mengaku akan merapatkan barisan para pemuda, berjuang untuk pasangan Nadalsyah-Marukan. “Pak Koyem dan Pak Marukan dicintai masyarakat. Saya punya keluarga banyak ASN di Lamandau, mereka cerita tentang berbagai keberhasilan Lamandau saat dipimpin pak Marukan. Saya rasa saatnya pak Marukan berbuat untuk Kalteng, beliau punya kemampuan untuk itu. Marukan dinilai sebagai pemimpin yang visioner, cocok menjadi pasangan H Koyem,” tambah Yulius.

Penilaian serupa juga disampaikan Dedy, tokoh pemuda dari Buntok, Barito Selatan dan Salomo Saloh, tokoh dari Barito Utara (Barut). Mereka mengaku sudah sangat mengenal kedua tokoh ini, dan siap memberikan dukungan untuk Kalteng yang lebih maju. mel