Bupati Ingin Halaman Kantor SOPD Ditanami Sayuran

MANFAATKAN HALAMAN KANTOR-Bupati Kotim Halikinnor dan Sekda Kotim Fajrurrahman ketika melakukan panen buah tomat di Dinas Pertanian (Maya Selviani)

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meminta seluruh Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dapat memanfaatkan halaman kantor masing-masing untuk bercocok tanam.

Apalagi menurutnya, halaman kantor SOPD di lingkungan Pemkab Kotim cukup luas sehingga bisa ditanami dengan tanaman sayuran maupun tanaman obat.

“Saat ini bercocok tanam tidak harus ditanah bisa menggunakan beberapa sistem seperti di polybag, hidroponik atau lainnya,” ujarnya, Minggu (18/6/2022).

Ide tersebut menurut Halikinnor, muncul setelah dirinya meninjau kebun sayur milik Dinas Pertanian yang dikelola oleh Dinas Pertanian. Lahan halaman kantor Dinas Pertanian disulap dengan ditanami berbagai macam tanaman seperti tomat, cabai rawit, terong, brokoli, labu hingga padi. Jika masing-masing SOPD membudidaya cabai rawit saja, menurut Halikinnor hal itu tentu sangat membantu jika harga cabai rawit sedang mengalami kenaikan.

“Kita tahu sendiri harga cabai rawit ini dipasaran kalau sedang tinggi bisa mencapai diatas Rp100 ribu perkilogramnya. Kalau ini dikembangkan masing-masing di SOPD saya yakin juga dapat memenuhi kebutuhan minimal kebutuhan pegawai di masing-masing SOPD,” jelasnya. (C-May)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.