PT Agrindo Green Lestari Bagikan 523,588 Hektar Lahan Plasma untuk 923 KK

ISTIMEWA
PT AGL PENUHI JANJI PLASMA – Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Pudjirustaty Narang turun langsung ke Kecamatan Banama Tingang (Banting) dalam rangka melihat secara langsung serta verifikasi PT. Agrindo Green Lestari (AGL) melalui Koperasi Galagah Karing Bersama (GKB). Tampak saat kegiatan di Desa Goha dan Desa Pahawan.

+Bupati Pulpis Turun Langsung Verifikasi Kecamatan Banama Tingang.

PULANG PISAU/TABENGAN.CO.ID – Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Pudjirustaty Narang turun langsung ke Kecamatan Banama Tingang (Banting) dalam rangka melihat secara langsung serta verifikasi langsung terhadap masyarakat penerima plasma dari PT Agrindo Green Lestari (AGL) melalui Koperasi Galagah Karing Bersama (GKB).
Kegiatan Bupati Pulang Pisau ini berlangsung dari tanggal 12-13 September 2023 dimana pelaksanaan kegiatan verifikasi pada tanggal 12 September di Desa Ramang, Desa Pahawan dan Desa Goha Kecamatan Banama Tingang. Kemudian dilanjutkan tanggal 13 September 2023 Desa Kasali Baru dan Desa Tambak.
PT Agrindo Green Lestari adalah perusahaan yang sah dan legal serta patuh dan taat terhadap undang – undang maupun hukum yang berlaku di Negara Indonesia sebagai bentuk memenuhi kewajiban perusahaan tersebut sesuai dengan Permentan No 26 Tahun 2007 pasal 11 tentang kewajiban membangun kebun untuk masyarakat sekitar paling rendah seluas 20 persen dari total luas areal kebun yang diusahakan, Permentan No. 98 Th 2013 pasal 15 & 16, UU No.11 Th 2020 Tentang Cipta Kerja pada pasal 58 dan PP No. 26 th 2021 Ttg Penyelenggaraan Bidang Perkebunan pasal 12 dan Pasal 14.
Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulpis Gopritson, Selasa (15/9/2023) mengatakan, perusahaan PT AGL adalah anak perusahaan CTAA Group, telah memenuhi kewajibannya dan didalam ketentuan tersebut petani plasma harus bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, dan itu harus dibuatkan Surat Keputusan (SK) Petani Plasma Kemitraan memiliki Badan Hukum Berupa Koperasi.
“Itu sudah berproses dan diproses pak, sampai pada Pemerintah Daerah, untuk itu Pimpinan Daerah dalam hal ini ibu Bupati Pulpis langsung turun ke lapangan untuk memastikan Petani Calon Plasma itu, dan apakah itu betul-betul petani yang ada di sekitar atau bukan,” jelas Gopritson.
Dikatakan Gopritson, menyikapi banyaknya jumlah penerima petani calon plasma ini, maka Bupati Pulpis langsung turun kepalangan secara langsung guna memverifikasi, dan memastikan petani calon plasma. Setelah dilakukan verifikasi, maka selanjutnya ditetapkan SK Penetapan Petani Plasma dari Kemitraan Koperasi Galagah Karing Bersama (GKB) dan PT Agrindo Green Lestari (AGL).
Untuk itu, sambung Gopritson, Bupati Pulpis mengharapkan lahan pembebasan masyarakat yang sudah ikut plasma jangan sampai dipindah tangan atau diperjualbelikan dan lahan tersebut merupakan aset dari masyarakat itu sendiri.
Apalagi, kata Gopritson, lahan plasma yang diberikan itu, tiada lain untuk biaya hidup para petani itu sendiri.
“Pada intinya, ibu Bupati mengharapkan agar masyarakat kita yang berdampak dengan Perusahaan yang ada di Desanya itu tidak hanya menjadi penonton saja, tetapi juga menjadi bagian dari berdirinya perusahaan itu. Dan disisi lain, masyarakat kita juga bisa menikmati hasilnya,” papar Gopritson.
Lebih lanjut, dengan kedatangan Bupati yang turun langsung kelapangan untuk Verifikasi agar masyarakat setempat betul-betul adalah penduduk asli, dan tidak ada masyarakat luar (titipan) yang tidak mempunyai hak didalamnya.
“Kita bersyukur, setelah dilakukan verifikasi oleh ibu Bupati, semua petani calon plasma ini adalah penduduk setempat, dan tidak ada orang luar, atau petani yang tidak mempunyai hak didalamnya,” jelasnya menutup tanggapan.
Sementara itu mewakili masyarakat nya Camat Banama Tingang Ngeok, SE menyampaikan terima kasih kepada PT Agrindo Green Lestari yang telah melaksanakan kewajiban nya terhadap masyarakat nya di wilayah Banama Tingang.
“Semoga kemitraan yang dilakukan oleh PT AGL ini menambah kesejahteraan bagi masyarakat kita wilayah Banama Tingang “Kami dengan pemerintah desa bersama-sama memfalidasi data bahkan terakhir kami buatkan berita acara perubahan dari data tahun 2018 lalu ke data terbaru 2023 supaya cek dan ricek penduduk yang dimaksudkan Ibu Bupati benar-benar Petani Plasma dari masyarakat itu sendiri dan kami pastikan tidak ada titipan nama,” tutup pak Camat
Ketua Koperasi Galagah Karing Bersama Berlin I Tubil menyampaikan ucapan syukurnya atas apa yang dijanjikan PT Agrindo Green Lestari saat sosialisasi awal dalam tahap tali asih 2017-2018 lalu kini telah di realisasikan
“Kini tinggal kita sebagai masyarakat menerimanya semoga bermanfaat dan menambah kesejahteraan bagi kita semua,” harapnya.
Untuk diketahui, peserta plasma kerja sama PT AGL dengan Koperasi Galagah Karing Bersama di Kecamatan Banama Tingang yakni:
Lahan yang sudah diusahakan clear and clean
Ramang 842 Ha x 20% : 168.5940 Ha : 235 Kk
Pahawan 510, 61 Ha x 20% : 102,1220 Ha : 212 Kk
Goha 473.431 Ha x 20 ℅ : 94,68.60 Ha : 249 Kk
Tambak 420,47 Ha x 20 ℅ : 84.0940 Ha : 118 KK
Kasali Baru 370, 46 Ha x 20 ℅ : 74.920 Ha : 109 KK
General Manager Corporrate Affair CAA Reg Kalteng Raden Agus Hiramawan menyampaikan apresiasinya dan terima kasih yang setingginya kepada semua pihak terlebih kepada Pemda Pulpis yang telah melakukan verifikas dan Validasi dalam menetapkan masyarakat penerima kemitraan dari PT Agrindo Green Lestari yang Goalnya adalah SK Calon Petani dan Calon Lahan oleh Bupati Kabupaten Pulang Pisau. Raden juga berharap kedepan ikatan kerja sama dalam 1 siklus dan single management ini dapat berjalan dengan baik dan saling menguntungkan sebagaimana yang telah diatur oleh undang-undang.ist