Mariani Sabran Masuk Bursa Calon Bupati Sukamara 2024

Hj Mariani Sabran

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Sosoknya dikenal luas sebagai politisi perempuan yang merakyat di Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara. Mengutip dari halaman Instagram Kaltengpedia, nama Mariani Sabran sedang hangat diperbincangkan di Kabupaten Sukamara sebagai Calon Bupati Sukamara 2024-2029.

Mariani Sabran srikandi yang kini mencalon sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalteng Dapil 3 PDI Perjuangan, membuktikan kedekatannya dengan warga Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara dengan sukses meraup suara signifikan di pemilihan anggota legislatif (Pileg) pada 14 Februari 2024 kemarin.

Kini, jelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, nama Mariani Sabran digaungkan ikut dalam kontestasi memperebutkan posisi Bupati atau Wakil Bupati di daerah yang dikenal dengan julukan ‘Kota Permata atau Kabupaten Sukamara’.

Perlu diketahui, dirinya adalah incumbent Anggota DPRD Provinsi Kalteng Dapil 3 dua periode. Banyak kontribusinya di Kabupaten Sukamara seperti Gagasan UMKM, Budidaya Udang Vaname dan bantuan sosial masyarakat. Beberapa masyarakat Sukamara pun sudah ada yang mendeklarasikan untuk dirinya maju sebagai Calon Bupati di Kota Permata atau Kabupaten Sukamara.

Mariani Sabran juga dikenal sebagai yang memiliki gagasan untuk Kabupaten Sukamara yaitu menciptakan berbagai terobosan mencetak tenaga-tenaga terampil bidang pertanian untuk menyukseskan program pertanian berkelanjutan. Peningkatan SDM yang siap kerja dan mengabdi di masyarakat, termasuk memasuki pasar kerja bidang pertanian di daerah ini, perlu terus ditingkatkan. Dengan itu, diharapkan mampu memberikan dukungan terhadap pelaksanaan pembangunan pertanian.

Srikandi Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalteng ini juga pernah menyarankan, dinas atau instansi terkait Kalteng harus memiliki visi mencetak sumber daya manusia bidang pertanian yang profesional, berjiwa entrepreneurship dan mandiri serta berwawasan global.

Hj Mariani Sabran juga kembali terpilih menduduki kursi legislatif, DPRD Kalimantan Tengah pada Pemilu Tahun 2024. Srikandi Politisi PDI Perjuangan itu meraih suara sebanyak 9.690 di Dapil 3 (Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Lamandau, dan Kabupaten Sukamara).

Pada kesempatan tersebut, Mariani Sabran mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukungnya, yang kembali memberikan kepercayaan kepada dirinya.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat, Sukamara, Lamandau, dan Pangkalan Bun,” ucap Mariani yang juga merupakan adik Kandung dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Minggu (03/03/24).

Mariani menegaskan, dirinya siap memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Aspirasi yang diperjuangkan akan masuk ke dalam Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), yang di mana juga sejalan dengan amanah Undang-Undang,” ujarnya menambahkan.

Tidak hanya itu, Mariani Sabran juga mengungkapkan pada masa reses menyerap aspirasi masyarakat, dirinya tidak tebang pilih dalam memperjuangkan.

“Saya pribadi tidak membeda-bedakan dalam membantu masyarakat, baik dari segi agama, ras dan lainnya,” tutur Mariani yang mengaku siap menjadi Bakal Calon Bupati Sukamara apabila diberikan rekomendasi dari partainya. Ist/hil