PENUMPANG MELONJAK-Bandara Tjilik Riwut Siagakan Posko Gabungan

TABENGAN/YULIANUS MUDIK – Terminal keberangkatan Bandara Tjilik Riwut mulai terlihat ramai oleh warga yang melaksanakan mudik Lebaran Tahun 2024, Palangka Raya, Kamis (4/4)

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Demi menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang sekaligus memastikan kelancaran penerbangan mudik Lebaran 2024, Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya siagakan Posko Gabungan di area Terminal Bandara.

Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut Ardha Wulanigara menjelaskan, Posko Gabungan ini dibuka mulai Rabu (3/4) hingga sepekan setelah Lebaran.

“Posko Gabungan ini kami siagakan mulai tanggal 3 April 2024 sampai dengan tanggal 18 April 2024, hal ini merupakan sebagai upaya dari monitoring angkutan Lebaran 1445 H tahun 2024,” ungkap Ardha kepada Tabngan, Kamis (4/4).

Dijelaskan, Posko Gabungan itu terdiri dari personel Angkasa Pura II dan stakeholder keamanan yaitu TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas, Polisi Pamong Praja dan pihak lainnya yang dilibatkan selama posko ini disiagakan.

Adapun tujuan adanya Posko Gabungan angkutan mudik Lebaran ini adalah sebagai tempat sarana informasi dan berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh penumpang dan juga kendala yang dialami selama di Bandara Tjilik Riwut.

“Tujuan posko monitoring angkutan Lebaran ini sebagai sarana pemantauan dan pengawasan arus mudik di Bandara, yang nantinya dapat ditinjau langsung oleh Kementerian Perhubungan RI secara online dan juga pelaporan ke PT Angkasa Pura II Pusat,” jelasnya.

Selain itu, Posko Gabungan tersebut, kata Ardha, juga dipakai sebagai pusat tim keamanan untuk mengantisipasi dan mencegah hal-hal yang berpotensi mengganggu arus mudik Lebaran.

Lebih lanjut, Ardha mengatakan, selama periode arus mudik angkutan Lebaran ini juga, jam operasional Bandara Tjilik Riwut mengalami penambahan dibanding biasanya.

“Di masa angkutan lebaran 1445H jam Operational Bandara Tjilik Riwut (OH- operating hour) ditambah mulai dari jam 07.00-19.00 WIB. Yang mana biasanya jam operasional hanya dimulai jam 07.00-17.30 WIB,” terangnya.

Kemudian untuk pergerakan penumpang sendiri diproyeksikan mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya yakni naik sekitar 30-40 persen.

“Untuk pergerakan penumpang bulan lalu yang biasanya 1.200 penumpang per hari, sekarang naik dan sesuai data pergerakan penumpang mulai awal bulan April sudah terlihat kenaikan sebesar 1.800-an sampai dengan 2000-an penumpang. Sementara itu untuk tanggal 3 April 2024 jumlah penumpang Bandara Tjilik Riwut tembus mencapai jumlah 2.100-an penumpang,” pungkasnya. rmp