ASN dilarang Bawa Mobdin Saat Mudik

AKRAB-Bupati Kotim Halikinnor ketika menyapa kepala SOPD di salah satu kegiatan (Maya Selviani)

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dilarang menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik atau pulang kampung.  Bupati Kotim Halikinnor menegaskan bahwa pelarangan pembawaan mobdin sudah diberitahukan ke seluruh ASN. Tak hanya untuk kalangan pejabat, namun untuk semua golongan.

“Saya berharap semua ASN dapat mematuhinya. Karena sesuai aturan memang tidak boleh mobdin digunakan untuk keperluan pribadi,” ujarnya Jumat (5/4/2024).

Diterangkan Halikinnor apabila masih ditemukan ada ASN yang membandel dengan tetap menggunakan mobdin untuk keperluan mudik, maka pihaknya sudah menyiapkan sanksi mulai dari yang ringan, sedang hingga terberat. Dilihat dari kesalahan yang dilakukan.

Dirinya yakin larangan pemakaian kendaraan dinas untuk mudik akan diterima semua ASN.

“Kalau mau mudik silakan pakai kendaraan sendiri,”ucapnya.

Larangan tersebut pun sudah berjalan semenjak tahun-tahun sebelumnya dan tak ada masalah. Larangan pemakaian kendaraan dinas dimaksudkan untuk menjaga aset negara dan bukan untuk kepentingan pribadi. Sebab, mudik merupakan kepentingan pribadi dan tidak ada sangkut pautnya dengan urusan kedinasan.

“Saya berharap semua dapat menaati aturan ini. Saya yakin semua ASN Kotim patuh dan taat dengan aturan,” tandasnya. (MS)