Beasiswa Tabe Telan Anggaran Rp98 Miliar

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Launching Penyaluran Beasiswa Tabungan Beasiswa (Tabe) Berkah dalam kegiatan Halalbihalal Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Ekspose Capaian Pembangunan Periode 2016-2024, Kamis (2/5).

Sebanyak 13.313 mahasiswa-mahasiswi kurang mampu, berprestasi dan dalam tahap penyelesaian tugas akhir (TA) mendapat bantuan beasiswa dari pemerintah melalui program Tabe Berkah.

Setiap tahapan dicairkan Rp2,5 juta. Total yang diberikan Rp7,5 juta per mahasiswa, dengan total anggaran Rp98 miliar lebih. Kegiatan ini diterima secara simbolis dari beberapa perwakilan mahasiswa Tabe Berkah, di Aula Jayang Tingang.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berharap dengan adanya Tabe Berkah ini anak-anak di Kalteng bisa menempuh pendidikan dengan mudah.

“Beasiswa ini supaya anak-anak di Kalteng dalam jangka panjang nanti berkesempatan untuk kuliah, harapan kita ke depannya anak-anak di Kalteng tamatan sarjana semua,” ujarnya, Kamis.

Ia mengungkapkan, peningkatan SDM merupakan salah satu prioritas Pemprov Kalteng demi menciptakan generasi penerus yang handal dan unggul, serta mampu membawa daerah lebih maju ke depannya.

Gubernur mengungkapkan, berdasarkan data yang dihimpun pihaknya saat ini hanya sekitar 28 persen tamatan SMA sederajat di Kalteng yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dan menjadi sarjana, umumnya kondisi tersebut disebabkan kendala ekonomi.

“Oleh karenanya, Pemprov Kalteng menyiapkan berbagai program untuk mendorong peningkatan taraf pendidikan di Kalteng, salah satunya dengan bantuan beasiswa,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, M. Reza Prabowo mengatakan, penyaluran beasiswa Tabe resmi disalurkan pada Hari Pendidikan Nasional.

“Jadi penyaluran ini akan diterima oleh perwakilan mahasiswa penerima Beasiswa Tabe Berkah yang memang dilaunching langsung oleh Bapak Gubernur,” tandasnya. ldw