Pj Bupati Pulpis Sambut Kunker Wantimpres ke Food Estate

DUKUNGAN - Pj Bupati Pulpis Hj Nunu Andriani bersama Wantimpres Soekarwo di kawasan Food Estate, Kecamatan Pandih Batu. TABENGAN/M YAKIN

PULANG PISAU/TABENGAN.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Hj. Nunu Andriani bersama jajaran FKPD bersama seluruh undangan, menyambut kedatangan Kunjungan Kerja (Kunker) Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Soekarwo ke kawasan Food Estate, Kecamatan Pandih Batu, Selasa (7/5).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengatakan kunjungan wantimpres merupakan bentuk nyata Pemerintah Pusat dalam menaruh harapan besar pada Kabupaten Pulpis untuk peningkatan pembangunan pertanian di lahan pertanian yang eksis dan masih berpotensi.

“Pemerintah daerah Kabupaten Pulpis tetap menyambut baik dan mendukung sepenuhnya program pertanian dari Pusat, dengan tetap merealisasikan kegiatan pada lahan-lahan pertanian yang potensial sampai sekarang ini,” kata Pj Bupati.

Dikatakan Pj Bupati, perlu disampaikan berdasarkan data yang disajikan oleh Dinas Pertanian bahwa pengembangan budaya padi (On Farm) mendukung Food Estate Kalteng khususnya di Pulpis dilaksanakan melalui kegiatan intensifikasi lahan secara bertahap seluas 10.000 Ha pada tahun 2020, 1.135 Ha pada tahun 2021, dan ekstensifikasi 3.878,48 Ha tahun 2021.

Hasil produktifitas padi di kawasan food estate khususnya di Kabupaten Pulpis cenderung mengalami peningkatan mulai dari tahun 2021 yaitu 2,95 ton/ Ha dan tahun 2022 yaitu 3,36 ton/ Ha, sedangkan pada tahun 2023 mencapai 3,51 ton/ Ha.

“Dukungan Pemerintah Daerah pada pengembangan daerah food estate melalui kegiatan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), peningkatan Jalan Produksi Perkebunan (JPP), bantuan benih padi unggul dan saprodi, program Optimasi Lahan (Oplah) dalam penanganan lanjutan ekstensifikasi 2021 dan pengadaan bibit ternak,” pungkasnya. c-mye