PT Indo Muro Kencana Terima Penghargaan dari Wakil Presiden Republik Indonesia

P3NGHARGAAN-Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia menyerahkan penghargaan kepada Arlena, dari PT Indo Muro Kencana.FOTO ISTIMEWA

 

JAKARTA/TABENGAN.CO.ID-Penganugerahan CSR & PDB Awards Tahun 2024 dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin, yang diselenggarakan  Kerja sama antara Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF), diberikan kepada salah satu program CSR PT Indo Muro Kencana (IMK) pada Selasa, 07 Mei 2024 di The Westin, Jakarta.

Wakil Presiden Republik Indonesia menyampaikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang terus berkomitmen dalam program CSR-nya dan membantu pemerintah dalam mencapai target pembangunan nasional. “Perusahaan negara dan swasta yang beroperasi di desa-desa agar menyertakan BUMDES dalam aktivitas bisnisnya agar ekonomi desa dapat melaju lebih cepat. Dana Desa dan dana CSR dari BUMN dan perusahaan swasta diharapkan dapat memperkuat sumber daya pembangunan desa yang berkelanjutan, karena pembangunan desa merupakan penunjang pembangunan nasional,” ungkapnya dalam sesi sambutan.

Penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada dunia usaha dan praktisi pelaku penggerak ekonomi Desa di tingkat nasional atas komitmen dalam percepatan pembangunan dan pencapaian SDGs Desa. Dimana Panitia CSR PDB Awards 2024 melakukan rangkaian penilaian, meliputi dokumen, presentasi dan penilaian pendukung lainnya sampai dengan tahap pemberian penghargaan kepada perusahaan dan pelaku program binaan unggulan.

Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Dr. Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M. Pd, menyerahkan langsung piagam kepada penerima penghargaan dengan kategori “Outstanding”. Salah satunya adalah program binaan CSR PT Indo Muro Kencana yaitu program pengembangan ekonomi masyarakat di desa lingkar tambang dipelopori oleh Ibu Arlena sebagai seorang wanita Penggerak Ekonomi Desa. Program tersebut merupakan salah satu dari 4 program yang meraih kategori “Outstanding” dari total 99 peserta dari seluruh wilayah di negeri ini dan 2 di antaranya yaitu PT Indo Muro Kencana  (PT IMK) dan sister company-nya, PT Pelsart Tambang Kencana (PTK) di Kalimantan Selatan.

Sosok Arlena sendiri adalah  awalnya seorang wanita yang berprofesi sebagai pencari batu di area pembuangan batu sisa tambang di sekitar wilayah kerja PT IMK. Namun, saat ini dirinya berhasil mengubah taraf perekonomian keluarga setelah tergabung dalam program pengembangan ekonomi CSR PT Indo Muro Kencana.  Saat ini Arlena sebagai ketua salah satu koperasi binaan CSR PT Indo Muro Kencana yang telah memberikan  kontribusi secara signifikan dalam menggerakkan perekonomian wanita di desanya.

Pimpinan PT Indo Muro Kencana, Muliawan Margadana dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa kontribusi yang diberikan kepada masyarakat di desa-desa sekitar wilayah operasional dilakukan secara konsisten untuk mewujudkan agen-agen perubahan dan pelaku pengembangan ekonomi masyarakat secara riil. Kami berharap melalui program CSR ini dapat memunculkan “penggerak-penggerak ekonomi desa”  lainnya yang akan berkontribusi dalam menggerakan  perekonomian masyarakat di wilayah desa-desa lingkar tambang PT IMK. Sehingga semakin banyak masyarakat yang mendapat kesempatan dan manfaat dari keberadaan perusahaan/dunia usaha dalam upaya turut berkontribusi menuju pembangunan desa yang berkelanjutan.ist