Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Kotim Dilakukan Dua Sesi

Bupati Kotim Halikinnor dan Wabup Irawati

SAMPIT/TABENGAN.CO.ID-Proses pemberangkatan jamaah calon haji asal Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) rencananya akan dilakukan sebanyak dua sesi. Yakni untuk sesi pertama pada pukul 05.00 WIB dan tiba pukul 06.50 WITA kemudian sesi kedua pukul 07.50 WIB dengan tiba pukul 09.40 WITA.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten Kotim (Pemkab Kotim) kembali akan memberangkatkan jamaah calon haji menuju embarkasi Banjarmasin Kalimantan Selatan dengan menggunakan armada transportasi pesawat.
“Rencana pemberangkatan dilakukan pada Sabtu 18 Mei 2024 di Bandara H Asan Sampit dengan menggunakan maskapai penerbangan Nam Air,” ujarnya Senin (13/5/2024).

Sementara untuk acara pelepasan jamaah calon haji lanjutnya akan dilakukan sehari sebelumnya yakni Jumat 17 Mei 2024 di rumah jabatan Bupati Kotim pukul 13.30 WIB.

Untuk tahun ini jumlah jamaah calon haji dan pendamping yang akan bertolak ke tanah suci berjumlah 166 orang. Dengan rincian kuota urut porsi untuk laki-laki sebanyak 64 orang dan perempuan sebanyak 72 orang , kuota prioritas lansia untuk laki-laki 5 orang dan perempuan 3 orang, kuota cadangan laki-laki 3 orang dan perempuan 6 orang, jamaah pendamping atau penggabungan laki-laki 2 orang dan perempuan 6 orang. Sementara untuk pendamping PPIH kloter laki-laki satu orang, petugas haji daerah laki-laki dan perempuan masing-masingnya satu orang dan TPIH laki-laki sebanyak 2 orang.

Kebijakan Pemkab Kotim mengakomodir keberangkatan para jamaah calon haji menggunakan armada pesawat itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para jamaah calon haji yang akan beri Adah di tanah suci nantinya. Dimana pada pemberangkatan sebelum-sebelumnya para jamaah calon haji tersebut diangkut dengan menggunakan armada bus menuju embarkasi.
Mengakomodir hal tersebut pihaknya meanggarkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk keperluan transportasi selama menuju embarkasi dan juga nanti untuk saat kepulangan.

“Semoga dengan difasilitasinya keberangkatan ini dapat memudahkan dan memberikan rasa nyaman bagi para jamaah calon haji ketika menjalankan ibadah ditanah suci nantinya,” harapnya. (MS)