Sekda Tinjau Gedung Smart Province Kalteng

PALANGKA RAYA/tabengan.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, pada Jumat (1/2) sore, didampingi Kadiskominfosantik Provinsi Kalteng Herson B Aden, Inspektur Provinsi Kalteng Sapto, Kasatpol PP Provinsi Kalteng Baru, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Katma, serta sejumlah pejabat terkait lainnya meninjau gedung Smart Province Kalteng, di Km 3,5 Tjilik Riwut Palangka Raya, yang dikelola oleh Diskominfosantik Provinsi Kalteng.

Sementara fasilitas yang ada di gedung Smart Province Kalteng tersebut antara lain data center , commad center, video conference, dan pusat layanan informasi publik. Sehingga sejumlah data pelaksanaan pembangunan di lingkungan Pemprov Kalteng, aktivitas sejumlah perkantoran, aktivitas lalu lintas, aktivitas di sejumlah tempat srategis, bahkan sejumlah pekerjaan pembangunan yang bersumber dari APBD Provinsi Kalteng dapat terpantau secara langsung ditempat itu.

Sekdaprov Kalteng menyambut baik keberadaan gedung Smart Province Kalteng tersebut.Dia bahkan meminta agar ini dapat terus dikembangkan dan ditingkatkan lagi, dalam rangka untuk memudakan pengawasan, pemantauan, monitoring terhadap pelaksanaan pembangunan, aktivitas perkantoran, termasuk keamannya. Hal ini dinilai sangat penting, terlebih dengan luasnya wilayah Provinsi Kalteng ini.

Disisi lain, kata dia, ini juga sebagai bentuk transparansi pelalsanaan pemerintahan dilingkungan Pemprov Kalteng, serta mencegah atau meminimalisir terjadinya pungutan liar (Pungli) di sejumlah kantor pelayanan di daerah ini.

“Ini adalah salah satu faslitas dalam rangka mengembangkan Smart City di Provinsi Kalteng. Karena dengan wilayah yang begitu luas, sehingga jangkauan untuk mengetahui perkembangan, pergerakan, atau kejadian-kejadian di kabupaten cukup jauh, namun dengan teknologi ini (cctv) membantu kita melakukan pemantauan,” ujarnya.

Dia berharap, ini lebih dikembangkan lagi di fasilitas-fasilitas yang lainya, karena saat ini baru sebagian, karena dengan server yang begitu besar, maka diharapkan selain dapat memantau perkembangan, namun nanti diharpakan pelayanan-pelayanan dapat dilakukan secara digital, sehingga tidak harus tatap muka langsung dan ini dinilai akan lebih memudahkan dan efektif.

Dia juga mengingatkan pihak Diskominfosantik agar memiliki backup data-data tersebut dan dijaga dengan stansar-standar yang penuh.

Sementara Kadiskominfosantik Provinsi Kalteng Herson B Aden mengatakan, CCTV tersebut dipasang di tempat-tempat yang strategis termasuk di kantor-kantor pemerintahan dan saat ini sudah mencapai 100 lokasi se-Kalteng yang sudah terpantau dengan CCTV dan tahun depan akan ditambah lagi, terutama yang ada di wilayah Palangka Raya, sesuai arahan Gubernur, dalam rangka untuk mengoptimalkan pelayanan di Palangka Raya.

Mengingat saat ini untuk di Palangka Raya baru sekitar 40 an titik dan tahun ini ditambah 40 lagi yang akan dipasang di lokasi-lokasi yang strategis. Namun untuk mendukung ini, selain Pemerintah Provinsi Kalteng, namun Pemerintah Kabupaten/Kota juga diharapkan dapat menyiapkan CCTV, sehingga dilakukan secara bersam-sama dan terintegrasi Provinsi dan Kabupaten/Kota, sehingga nanti seluruh Kalteng bisa kita pantau dengan baik, ujarnya.dkw