Hari Ini 10 Pj Kepala Daerah Dilantik

PALANGKA RAYA/TABENGAN.CO.ID – Teka-teki sosok Penjabat (Pj) Wali Kota dan 9 Bupati di Provinsi Kalimantan Tengah, akhirnya terjawab. Hari ini, Senin (25/9) pukul 09.00 WIB, mereka akan dilantik di Aula Jayang Tingang Lantai II Kantor Gubernur Kalteng.
Hal itu dibenarkan oleh Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalteng Lisda Ariyana di sela-sela menghadiri gladi bersih pelantikan Pj Kepala Daerah di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur, Minggu (24/9) siang.
“Yang pasti Surat Keputusan (SK) dari Mendagri sudah kami terima, yang beredar nama 10 Pj kemarin itu hampir sama,” kata Edy Pratowo kepada wartawan.
Sementara itu, Kepala BKD Kalteng Lisda Ariyana selaku yang mengambil SK Mendagri, mengatakan bahwa nama-nama 9 Pj Bupati dan 1 Pj Wali Kota yang beredar di media sosial belakangan ini, memang sesuai dengan SK Mendagri.
“Dari 9 Pj Bupati dan 1 Pj Wali Kota pas sesuai SK, tidak ada yang salah,” ujar Lisda.
Dia menjelaskan, kenapa pihak BKD yang mengambil SK dari Mendagri, sebab ada hubungannya 10 Pj tersebut dengan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.
“Jadi, saya mewakili Pemerintah Provinsi untuk mengambil SK dari Mendagri. Karena memang masing-masing pemerintah provinsi yang ada Pj diminta untuk mengambil SK-nya, dan itu pun tidak sembarangan, sebab harus ada surat tugas,” jelas Lisda.
Lisda menambahkan, ke-10 nama Pj tersebut sudah ada panggilan dari Mendagri. Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Mendagri dan diberikan tugas dan fungsinya dari masing-masing Pj tersebut untuk memimpin daerahnya.
Pemprov Kalteng berharap kepada masyarakat Bumi Tambun Bungai mendukung penuh 10 Pj Kepala Daerah yang sudah ditugaskan untuk memimpin daerahnya.
“Pemerintah Provinsi Kalteng akan sinergitas mendukung 10 Pj tersebut yang memimpin daerahnya,” harap Lisda.
Selain itu, Lisda menyebut acara pelantikan Pj tersebut mengundang 1.000 tamu, tidak terkecuali pihak instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan Pj Bupati yang sudah definitif.
Adapun nama Pj yang beredar di medsos dan dibenarkan sesuai SK Mendagri adalah Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (Sekda Kota Palangka Raya), Pj Bupati Barito Utara Muhlis (Sekda Barito Utara), Pj Bupati Seruyan H Djainuddin Noor (Sekda Seruyan), Pj Bupati Sukamara H Kaspinor (Asisten Pemerintahan dan Kesra Kalteng), Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani (Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalteng), Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan (Sekretaris Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri), Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi (Kepala Dinas Perkimtan Kalteng), Pj Bupati Murung Raya Hermon (Sekda Murung Raya), Pj Bupati Katingan Syaiful (Kadisdukcapil Kalteng), dan Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani (Karo Organisasi Setda Kalteng). jef